0

Pentingnya Orang Tua Liburan Bareng Anak

Ilustrasi liburan bareng keluarga (Mounture.com/Budiana)

Mounture.com — Melakukan liburan bareng anak merupakan momen yang paling mengasyikkan. Namun, sayangnya tidak semua orang tua memiliki waktu untuk mempersiapkan liburan bareng anak-anaknya.

Padahal, merencanakan liburan bersama anak itu terbilang penting, di mana berdasarkan studi ilmiah, liburan dapat bermanfaat bagi perkembangan keseluruhan si kecil. Selain mempererat ikatan, liburan bersama anak juga dapat membangun kenangan seumur hidup.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa pentingnya melakukan liburan bareng anak.

1. Membantu perkembangan otak

Pada dasarnya, anak-anak akan selalu siap menerima petualangan dan pengalaman baru. Salah satunya melalui pergi liburan, di mana dalam sebuah jurnal berjudul ‘The Science Behind How Holidays Make Your Child Happier and Smarter menyebutkan bahwa liburan keluarga memberikan anak lingkungan belajar yang kaya dengan pengalaman baru.

Lingkungan tersebut memicu senyawa kimia di otak yang berhubungan dengan peningkatan IQ yang lebih tinggi pada anak. Kemudian, liburan juga dapat membantu perkembangan otak anak dalam hal meningkatkan konsentrasi, kesehatan fisik, dan mental.

BACA JUGA: Rekomendasi Bumi Perkemahan untuk Liburan Akhir Pekan

2. Ciptakan ikatan yang kuat

Padatnya aktivitas sehari-hari terkadang membuat orang tua hanya memiliki sedikit waktu untuk bercengkrama dengan sang buah hati. Oleh karenanya, meluangkan waktu dengan pergi liburan bersama menjadi momen yang tepat untuk saling berbincang, bercanda untuk menciptakan ikatan batin yang kuat antara orang tua dan anak.

3. Mencegah stress pada anak

Tak melulu dihinggapi oleh orang dewasa, stress juga bisa dirasakan oleh anak. Momen liburan menjadi salah satu obat untuk mengatasi stress tersebut, dengan liburan maka dapat menguras semua stres dan meninggalkan perasaan bahagia, baik bagi anak maupun orang tua.

4. Meningkatkan kemampuan sosial

Setiap perjalanan memiliki banyak perbedaan budaya, gaya hidup, bahasa, hingga makanan. Dengan berlibur, membuat anak menjadi bisa melihat perbedaan tersebut dan pastinya anak akan belajar dengan berinteraksi dan menjelajah lingkungan baru.

Hal ini pastinya akan meningkatkan rasa empati, menghargai perbedaan, kepercayaan diri, dan keterampilan sosial. (MC/LS)