Menunda Naik Gunung Lebih Bijak

Ilustrasi gunung (Mounture.com/DenChito)

Mounture.com — Memasuki tahun baru, sejumlah pengelola gunung di Indonesia biasanya akan menerapkan penutupan jalur pendakian. Sebut saja, Gunung Prau, Gede Pangrango, Semeru, dan beberapa gunung lainnya telah mengumumkan penutupan jalur pendakiannya.

Penutupan kegiatan pendakian itu dilakukan karena kondisi cuaca di awal tahun biasanya terbilang cukup ekstrim. Selain itu, para pengelola jalur pendakian pun biasanya ketika awal tahun menutup kegiatan pendakian untuk memulihkan ekosistem yang ada di sekitar jalur pendakian agar tetap lestari.

Jadi, bagi kalian yang merindukan ketinggian, suasana di puncak dan lain-lain, untuk sementara waktu menunda keinginan tersebut ya. Kalian bisa kok melakukan kegiatan lainnya yang bisa mengobati rasa rindu naik gunung, seperti mendirikan tenda di halaman rumah, menonton sekuel film tentang petualangan dan lainnya.

Namun, jika masih berkeras untuk melakukan pendakian, masih ada juga kok beberapa gunung yang membuka kegiatan pendakian. Pastinya dengan syarat dan ketentuan terkait protokol kesehatan.

Kendati masih ada beberapa gunung lainnya yang tidak melakukan penutupan jalur pendakian, alangkah bijaknya untuk menunda melakukan pendakian ke gunung agar terhindar dari bahaya-bahaya yang mengancam terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.