Estimasi Waktu Pendakian Gunung Sumbing via Gajah Mungkur

Gunung Sumbing (dok. Wikipedia/Denysya Farid)

Mounture.com — Gunung Sumbing yang berada di tiga wilayah kabupaten, yaitu Magelang, Temanggung, dan Wonosobo, Jawa Tengah memiliki ketinggian 3.371 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung ini seringkali dijadikan oleh beberapa pendaki sebagai target pendakian 3S, yaitu Slamet, Sindoro, dan Sumbing.

Untuk bisa mendaki ke gunung ini, pendaki bisa melalui beberapa jalur pendakian resmi, salah satunya via Gajah Mungkur. Basecamp Gajah Mungkur terletak di Desa Lamuk, Kecamatan Kalikajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Untuk mudahnya, kalian bisa menggunakan Google Maps dengan tujuan destinasi BC Pemuda Mandiri.

(dok. Instagram/@isyaraa_tya)

Mengutip akun instagram @milan2707b, berikut ini estimasi waktu pendakian Gunung Sumbing via Gajah Mungkur.

* Basecamp – Plerenan Siwatu ditempuh selama 20 menit dengan menggunakan jasa ojek. Jika melakukan jalan kaki, bisa ditempuh selama dua jam perjalanan dengan medan jalan makadam melewati ladang penduduk.

* Plerenan Siwatu – Pos 1 ditempuh selama 45 menit. Di pos 1 ini, pendaki bisa mendirikan tenda, sebab terdapat lokasi yang cukup luas untuk melakukan camp, di mana bisa berdiri sebanyak 5-8 tenda berukuran 4 orang.

* Pos 1 – Pos 2 ditempuh selama 40 menit. Di lokasi Pos 2 ini juga pendaki bisa mendirikan tenda, namun di lokasi ini merupakan area terbuka, dengan daya tampung sekitar 15 tenda.

* Pos 2 – Pos 3 ditempuh selama 60 menit. Diantara Pos 2 dan 3 terdapat lokasi camp bernama Watu Talang. Di Watu Talang ini, pendaki bisa melakukan camp dengan daya tampung lokasi sekitar 20-30 tenda, namun area camp terbuka.

* Pos 3 – Pos 4 ditempuh selama 120 menit. Diantara Pos 3 dan 4 juga terdapat area camp strategis, yaitu Kandang Kidang. Di area camp Kandang Kidang bisa memuat sekitar 50 tenda.

* Pos 4 – Puncak ditempuh selama 30 menit.

Perlu diingat, estimasi waktu ini hanya sebagai referensi saja. Perbedaan waktu tempuh bisa berbeda-beda tergantung kondisi fisik dan mental masing-masing individu.

Jika berminat untuk melakukan pendakian ke Gunung Sumbing via Gajah Mungkur, kalian bisa menghubungi kontak basecamp 0852-2657-0269 atau 0831-0407-6423 (Whatsapp). (MC/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.