Mengenal ‘Si Cantik’ Danau Tolire di Gunung Gamalama

(Mounture.com) — Danau Tolire yang terletak di Ternate, Maluku Utara merupakan sebuah danau yang berada di bawah kaki Gunung Gamalama. Danau yang terdiri dari dua buah ini oleh masyarakat setempat disebut Danau Tolire Besar dan Danau Tolire Kecil, jarak antara keduanya hanya sekitar 200 meter.

Uniknya, danau ini memiliki legenda yang dikisahkan oleh masyarakat setempat, di mana konon dulunya danau ini adalah sebuah kampung yang masyarakatnya hidup sejahtera. Namun kampung itu kemudian dikutuk menjadi danau oleh penguasa alam semesta, karena salah seorang ayah di kampung itu menghamili anak gadisnya sendiri.

Saat ayah dan anak gadisnya yang dihamili itu akan melarikan diri ke luar kampung, tiba-tiba tanah tempat mereka berdiri anjlok dan berubah menjadi danau. Adapun kedalaman danau Tolire sendiri hingga kini belum diketahui. Sampai saat ini belum ada yang mengukur kedalaman kedua danau tersebut.

Sementara itu, ada yang menarik di danau Tolire Besar, yaitu ada aktivitas lempar batu. Mitosnya, sekuat apa pun lemparan kita, batu itu tak akan sampai ke danau dan menghilang secara misterius. Aktivitas lempar batu ini jadi bisnis buat warga, mereka menjual batu untuk dilempar oleh wisatawan yang penasaran terhadap mitos di Danau Tolire itu.

Untuk mengunjungi Danau Tolire Besar dan Tolire Kecil, tidaklah sulit. Untuk mencapai tempat itu hanya dibutuhkan waktu sekitar 10 menit dari pusat kota Ternate, dengan menggunakan mobil carteran, atau menyewa ojek sepeda motor.

Saat mengunjungi Danau Tolire Besar, banyak objek wisata lainnya yang bisa dinikmati, seperti keindahan panorama puncak Gunung Gamalama, sejumlah benteng peninggalan Portugis dan makam Sultan Babullah, Sultan Ternate yang paling terkenal, yang terdapat di jalan menuju danau tersebut.

Selain itu, wisatawan dapat pula menikmati keindahan pasir putih Pantai Sulamadaha, yang terletak hanya sekitar 3 kilometer dari Danau Tolire Besar. Dari sini, pengunjung juga bisa menyewa perahu untuk memancing ikan atau pergi menyelam menyaksikan keindahan panaroma bawah laut di sekitar pantai itu. (MC/PC)

Foto: Instagram/@shantie_syifa

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.