0

Hari ini, Gunung Halimun Salak dan Kawah Ratu Kembali Dibuka

(Mounture.com) — Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) mengumumkan kembali membuka jalur pendakian Gunung Salak dan objek wisata Kawah Ratu pada 18 April 2019.

Adapun pembukaan jalur pendakian ini berdasarkan surat edaran yang dikeluarkan oleh Balai TNGHS tertanggal 16 April 2019. Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa berdasarkan Laporan Bulanan Gunungapi Salak bulan Maret 2019 oleh pos pengamatan Gunungapi Salak Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi bahwa status Gunung Salak dalam keadaan normal (level I).

“Nota Dinas Kepala Seksi PTN II Bogor serta laporan evaluasi pengunjung yang menyatakan kondisi cuaca di Gunung Salak sudah kondusif, maka Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak memberlakukan pembukaan pendakian Gunung Salak dan Objek Wisata Kawah Ratu terhitung mulai 18 April 2019 pukul 00.00 WIB,” tulis TNGHS dalam keterangan resmi.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa agar pengunjung tidak mendekati kawah (Kawah Ratu, Kawah Hirup, Kawah Mati) dalam jarak dekat, terutama pada kondisi hujan. Selain itu, para pendaki agar memperhatikan keselamatan diri serta mempersiapkan diri dengan perbekalan dan perlengkapan lapangan yang memadai untuk melakukan pendakian. (MC/DC)