Dampak Mendaki Tanpa Persiapan dan Peralatan Mumpuni

(Mounture.com) — Memastikan persiapan yang matang sebelum melakukan kegiatan outdoor, seperti mendaki gunung adalah hal yang mutlak. Melengkapi peralatan untuk keselamatan selama pendakian baik dari segi perlengkapan pendakian hingga kebutuhan fisik seperti misalnya bekal makan dan minum serta obat-obatan sederhana.

Pasalnya, jika kalian kurang persiapan atau bahkan menyepelekan semua persiapan yang harus dilakukan maka beberapa dampak yang bisa membahayakan diri kalian maupun kelompok rombongan pendakian kalian. Berikut ini dampak akibat kurangnya persiapan seperti dilansir dari laman Arei Outdoor Gear.

1. Hipotermia

Hipotermia adalah kondisi di mana tubuh kehilangan suhu badan lebih cepat dibandingkan dengan kecepatan untuk menghasilkan panas. Kondisi ini membuat orang merasa sangat kedinginan dan sulit untuk menaikkan suhu tubuhnya sehingga menyebabkan kondisi yang berbahaya bagi fungsi organ di dalam tubuh.

Hipotermia banyak terjadi ketika seseorang berada dalam kondisi udara dingin yang cukup ekstrim dan tidak memiliki peralatan outdoor yang memadai. Hipotermia bisa menyebabkan kematian jika tidak segera diatasi dengan tepat.

2. Tergelincir

Risiko mendaki gunung lainnya adalah tergelincir yang jika terjadi di pinggir jurang tentu akan berakibat fatal. Badan yang jatuh karena tergelincir juga beresiko terbentur bebatuan atau batang-batang pohon yang keras yang bisa menyebabkan cedera ringan hingga berat pada pendaki.

Untuk menghindari risiko tergelincir ini disarankan untuk menggunakan sepatu yang memiliki traksi bagus untuk digunakan di medan yang berlumpur dan berat, pastikan tubuh dalam kondisi fit sebelum dan selama mendaki karena dengan tubuh yang fit maka konsentrasi pun bisa lebih tinggi sehingga risiko cedera bisa diminimalkan.

3. Tersesat

Mendaki gunung juga memiliki resiko tersesat, resiko ini akan lebih tinggi jika Areingers mendaki di malam hari ketika semuanya gelap dan pohon-pohon yang lebat membuat pendaki sulit untuk melihat jalan jalurnya. Untuk menghindari resiko ini bawa perlengkapan yang dibutuhkan untuk navigasi misalnya GPS, bawa senter, sebaiknya juga jangan mendaki sendirian dan menuruti peraturan yang disampaikan oleh petugas maupun peraturan tertulis dan tidak tertulis lainnya.

4. Dehidrasi

Bahaya mendaki tanpa dilengkapi dengan persediaan air minum yang cukup. Mendaki adalah kegiatan fisik yang cukup melelahkan, ditambah dengan sinar matahari yang terik akan membuat tubuh kalian lebih cepat kehilangan cairan.

Pastikan bawa air minum dengan menggunakan botol, bisa juga dengan membawa peralatan outdoor yang bisa memurnikan air sehingga kalian bisa mengisi botol minum dengan air dari sumber air di gunung dengan lebih aman. Dehidrasi bisa membuat konsentrasi kalian menurun drastis, membuat otot cepat lelah, mudah pusing, dan bahaya-bahaya kesehatan lainnya.

Pastikan keselamatan adalah prioritas nomor satu, selalu gunakan perlengkapan yang sudah terbukti kualitasnya karena yang dipertaruhkan adalah keselamatan diri sendiri dan orang lain ketika kalian melakukan aktivitas di alam bebas. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.