Mengenal Puncak Tertinggi di Kalimantan Selatan

dok. instagram/@lamin_outdoor

Mounture.com — Gunung Halau-halau yang terletak di perbatasan tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Kabupaten Tanah Bumbu di Provinsi Kalimantan Selatan ini memiliki ketinggian 1.901 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Gunung yang masuk ke dalam jajaran pegunungan Meratus itu merupakan salah satu puncak tertinggi di Kalimantan Selatan. Untuk mendaki ke gunung ini, pendaki harus mempersiapkan fisik dengan baik, sebab pendaki bakal menemui berbagai jenis medan, mulai dari melintasi sungai, lembah hingga melewati lereng pegunungan.

Menariknya, pendaki bisa menghabiskan waktu 4 hari 3 malam untuk mendaki gunung ini. Sebab, untuk memulai mendaki ke gunung ini pendaki harus memulainya dari titik di bawah 1.000 mdpl, lain hal jika mendaki gunung yang ada di luar Kalimantan yang memulai pendakian dari ketinggian rata-rata di atas 1.000 mdpl.

Jalur pendakian Gunung Halau-halau memiliki ciri khas berupa hutan yang rimbun, hutan lumut, dan banyaknya pacet di sepanjang jalur pendakian. Adapun untuk memulai pendakian bisa melalui dua jalur, yaitu via Desa Kiyu (Barabai), dan Desa Kadayang (Kandangan).

Di gunung ini, pendaki juga akan menemui pohon yang dikeramatkan oleh suku Dayak Meratus, yaitu pohon Karimaya. Pohon sejenis beringin, berakar besar, dan tinggi itu mempunyai bentuk batang seperti pintu gerbang, yang mana pada tengahnya memiliki lubang besar, dan bisa dilalui manusia. (MC/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.