0

Mengenal Gunung Sumbing, Puncak Tertinggi Ketiga di Jawa Tengah

Gunung Sumbing (dok. Wikipedia/Denysya Farid)

Mounture.comGunung Sumbing merupakan gunung tertinggi ketiga di Jawa Tengah dengan ketinggian mencapai 3.371 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung ini berada di tiga wilayah, yakni Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Wonosobo.

Gunung ini memiliki lima jalur pendakian resmi, diantaranya via Garung, Cepit Prakan, Kaliangkrik, Bowongso, dan Sipetung. Adapun jalur pendakian favorit gunung ini ialah via Garung.

BACA JUGA: Estimasi Waktu Mendaki Gunung Sumbing via Mangli Kaliangkrik

Gunung yang berhadapan dengan Gunung Sindoro ini memiliki tiga puncak, yakni Puncak Buntu, Kawah, dan Rajawali yang tertinggi. Uniknya, gunung yang memiliki kawah luas tersebut mempunyai makam atau petilasan Ki Ageng Makukuhan, di mana setiap tanggal 21 Ramadan, warga yang berada di kaki Gunung Sumbing akan melakukan ziarah.

Untuk bisa mendaki ke Puncak Gunung Sumbing, pendaki akan menempuh perjalanan sekitar 8 – 9 jam, namun waktu tersebut bisa berbeda antar individu tergantung kemampuan fisik dan mental masing-masing pendaki.

Perlu dicatat, jika ingin mendaki ke Gunung Sumbing ada baiknya pendaki mempersiapkan segala peralatan yang di wajibkan. Selain itu, persiapkan juga logistik dengan baik terutama air, sebab di sepanjang jalur pendakian, tidak ada sumber air. (MC/LS)