0

Mengenal 5 Taman Nasional Tertua di Indonesia

  • 24 September 2022 07:03

(Foto: dok. Trubus.id)

Mounture.com — Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak keanekaragaman hayati. Untuk menjaga kelestarian alam tersebut, pemerintah pun menetapkan beberapa lokasi sebagai wilayah konservasi dan dimasukkan ke dalam Taman Nasional.

Dikutip dari akun instagram Ayo ke Taman Nasional (@ayoketamannasional_official), disebutkan bahwa ada 5 Taman Nasional yang pertama diresmikan pada 6 Maret 1990 yakni TN Gunung Leuser, TN Ujung Kulon, TN Gunung Gede Pangrango, TN Baluran, dan TN Komodo.

Adapun deklarasinya dilakukan Departemen Penerangan oleh 4 Menteri, diantaranya Menteri Pertanian (Soedarsono Hadisapoetro), Menteri Riset dan Teknologi (B.J Habibie), Menteri Pengawasan Pembangunan dan Lingkungan (Emil Salim) serta Menteri Penerangan (Mayjen Ali Moertopo).

Berikut ini 5 Taman Nasional Tertua di Indonesia.

1. TN Gunung Leuser

Taman Nasional yang berlokasi di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara ini mengambil nama dari Gunung Leuser yang memiliki ketinggian 3.404 meter di atas permukaan laut (mdpl) di Aceh.

Ekosistemnya meliputi ekosistem asli dari pantai sampai pegunungan tinggi yang diliputi hutan lebat khas hujan tropis. Merupakan rumah bagi satwa penting yaitu gajah sumatera, harimau sumatera, dan orangutan.

2. TN Ujung Kulon

Taman Nasional ini berada di Provinsi Aceh, di mana TN ini diresmikan pada 1991 sebagai warisan dunia yang dilindungi oleh UNESCO. Luasan kawasan TN Ujung Kulon mencakupi hutan lindung yang sangat luas dan menjadi habitat badak Jawa.

Pada awalnya, Ujung Kulon adalah daerah pertanian hingga kemudian di hancur lebur dan habis seluruh penduduknya saat Gunung Krakatau meletus pada tanggal 27 Agustus 1883.

BACA JUGA: Simak! Ini Prosedur Pendakian di Taman Nasional

3. TN Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional ini merupakan kawasan yang dikenal sebagai salah satu tempat favorit dan tertua bagi penelitian-penelitian tentang alam di Indonesia.

Menurut catatan orang modern, orang pertama yang menginjakkan kaki di puncak Gede adalah Reinwardt (pendiri dan direktur pertama Kebun Raya Bogor, yang mendaki Gunung Gede pada April 1819). Reinwardt menyatakan bahwa Horsfield telah mendaki lebih dulu tetapi catatan perjalanannya tidak ditemukan.

4. TN Baluran

Berlokasi di Provinsi Jawa Timur, nama Taman Nasional yang dikenal sebagai ‘Little Africa van Java’ ini diambil dari nama gunung di daerah ini yaitu Baluran.

Tipe ekosistemnya terdiri dari savana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa, dan hutan selalu hijau sepanjang tahun. Sabana mendominasi sebanyak 40 persen dari total luas kawasan. Merupakan habitat banteng jawa, dan macan tutul.

BACA JUGA: Fakta Seputar Kawasan TN Bromo Tengger Semeru

5. TN Komodo

Berlokasi di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Taman Nasional ini meliputi tiga pulau besar yaitu Pulau Rinca, Pulau Komodo, dan Pulau Padar. Adapun penetapannya sebagai Taman Nasional yaitu untuk melindungi komodo, sang kadal purba dan habitatnya.

Pada 1991, TN Komodo masuk ke dalam Situs Warisan Dunia, kemudian pada 11 November 2011, TN Komodo masuk dalam New 7 Wonders. (MC/RIL)