0

Kesan Pendaki Lalui Jalur Gunung Merbabu via Suwanting

(Foto: Instagram/@dewiaps17)

Mounture.com — Gunung Merbabu yang berlokasi di tiga Kabupaten, yakni Magelang, Salatiga dan Boyolali, Jawa Tengah memiliki ketinggian 3.142 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Gunung ini memiliki lima jalur pendakian resmi diantaranya Selo (Boyolali), Thekelan (Kopeng, Salatiga), Suwanting (Magelang), Wekas (Magelang) dan Cuntel (Magelang).

Adapun jalur via Suwanting merupakan salah satu jalur yang terbilang ekstrim jika dibandingkan dengan jalur lainnya. Jalur inipun dulunya sempat ditutup untuk umum, dan kembali dibuka pada 2015 lalu, di mana jalur ini sudah ada sejak tahun 1990 – 1998.

Untuk melalui jalur Merbabu via Suwanting, pendaki bisa menuju ke lokasi basecamp di Dusun Suwanting, Desa Banyuroto, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Jalur via Suwanting ini memiliki waktu tempuh sekitar 11 jam perjalanan untuk bisa sampai ke Puncak Kenteng Songo, dengan jarak perjalanan sekitar 5,68 kilometer.

BACA JUGA: Estimasi Mendaki Gunung Merbabu via Suwanting

Salah satu pendaki asal Jakarta, Putri, menuturkan bahwa pendakian melalui jalur Suwanting cukup menguras tenaga karena jalurnya cukup terjal. Namun, ia senang bisa melalui jalur tersebut karena pemandangannya yang menarik melalui jalur Suwanting.

“Nguras tenaga banget, bonusnya sedikit tapi pemandangannya oke. Bakal kangen sih lewat jalur sini (via Suwanting),” katanya, beberapa waktu lalu.

Sementara Wahyu, pria asal Jakarta juga menuturkan hal yang sama. Menurutnya, jalur Suwanting cukup membawa kesan baginya, sebab jalur ini tidak hanya menguras tenaga tetapi mental juga.

“Keren jalurnya, bikin nyesel naik gunung tapi pasti nanti pengen lagi,” ucapnya sembari tertawa.

BACA JUGA: Ingat! Ini 7 Etika Berkegiatan di Alam Bebas

Mendaki via jalur ini, pendaki akan melintasi tiga pos pendakian, sebelum sampai ke Puncak Suwanting, dan Kenteng Songo. Dari basecamp Suwanting, pendakian akan menempuh perjalanan menuju ke Gerbang Suwanting dengan ketinggian 1.469 mdpl dengan waktu tempuh 35 menit perjalanan.

Kemudian dari Gerbang Suwanting melanjutkan perjalanan ke Pos 1 (Lembah Lempong) di ketinggian 1.745 mdpl dengan waktu tempuh sekitar 60 menit. Lalu, dari Pos 1 ke Pos 2 (Lembah Mitoh) di ketinggian 2.127 mdpl yang bisa ditempuh selama 180 menit.

Dari Pos 2 dilanjutkan ke Pos 3 yang berada di ketinggian 2.738 mdpl dengan waktu tempuh perjalanan 195 menit. Selanjutnya Pos 3 ke Sabana 1 di ketinggian 2.828 mdpl dengan waktu tempuh 35 menit, diteruskan ke Sabana 2 di ketinggian 2.915 mdpl yang ditempuh selama 40 menit dari Sabana 1.

BACA JUGA: TN Gunung Merbabu Larang Pendakian via Jalur Timboa

Selanjutnya dari Sabana 2 menuju ke Sabana 3 di ketinggian 2.984 mdpl yang bisa ditempuh selama 25 menit. Kemudian dari Sabana 3 menuju ke Puncak Suwanting di ketinggian 3.105 mdpl yang ditempuh selama 35 menit.

Dari Puncak Suwanting, pendaki kembali melanjutkan perjalanan ke Puncak Triangulasi di ketinggian 3.139 mdpl yang ditempuh selama 35 menit. Dari Puncak Triangulasi ke Puncak Kenteng Songo di ketinggian 3.142 mdpl bisa ditempuh selama kurang lebih 10 menit perjalanan.

Sekedar catatan, sumber air di jalur pendakian ini terdapat di Pos 1, Pos 2, dan Pos 3. Adapun waktu tempuh yang didapatkan bisa berbeda dengan masing-masing individu, sebab fisik dan mental setiap individu tidak sama. (MC/LS)