Mata Air Dua Bidadari di Gunung Sindoro via Alang-alang Sewu

Mata Air Dua Bidadari di Gunung Sindoro via Alang-alang Sewu (dok. instagram/@pajero.sindoro)

Mounture.com — Gunung Sindoro yang terletak di wilayah Temanggung, dan Wonosobo, Jawa Tengah merupakan salah satu gunung aktif yang menjadi salah satu lokasi favorit bagi pendaki. Gunung yang berdampingan dengan Gunung Sumbing ini memiliki beberapa jalur pendakian resmi, salah satunya via Alang-alang Sewu.

Titik awal pendakian via Alang-alang Sewu terletak di Dusun Anggrunggondok Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo. Biasanya pendaki akan memulai pendakian dari basecamp yang dikelola oleh Pecinta Alam Jelajah Rimba Sindoro (Pajero Sindoro). Dari basecamp ini, kemudian pendaki akan melintasi hingga 4 Pos sebelum menuju ke Puncak.

Namun, ada yang menarik di jalur pendakian via Alang-alang Sewu ini, di mana terdapat mata air yang diberi nama Dua Bidadari. Mata air Dua Bidadari ini terletak di tengah-tengah jalur diantara Pos 1 dan Pos 2 atau lebih tepatnya berada di Patok 7.

Adapun pihak basecamp Alang-alang Sewu telah memberikan perbaikan fasilitas untuk mempermudah pendaki mengambil air dari mata air Dua Bidadari ini dengan penggunaan kran. Dikutip dari akun instagram @pajero.sindoro, dijelaskan bahwa mata air Dua Bidadari ini sangat membantu bagi para pendaki, yang mana pendaki cukup membawa botol kosong sampai mata air ini.

“Kalau misalkan kran mata air ini bermasalah, pendaki bisa naik sedikit sampai simpangan Nggopitan persimpangan menuju ke Puncak sama menuju ke sumber mata, nyimpang ke kanan kurang lebih 100 meter nah bisa ambil air di situ. Semoga mata air ini bisa berguna untuk kita semua,” tulis akun tersebut.

Sebagai informasi, Gunung Sindoro via Alang-alang Sewu ini memiliki tanda-tanda patok di jalur pendakian, mulai dari batas vegetasi sampai ke Pos 3, setidaknya terdapat 15 patok. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.