Ini 7 Puncak Gunung Tertinggi di Pulau Jawa

Puncak Mahameru (Mounture.com/Ayyfitria)

Mounture.com — Dalam dunia pendakian seringkali kita mendengar sebutan ‘seven summits’ atau puncak tertinggi dari sebuah gunung. Di Indonesia, puncak gunung tertinggi ada yang diklasifikasi secara keseluruhan dari Sabang-Merauke, hingga puncak-puncak tertinggi yang ada di setiap pulau yang terbentang.

Diantara pulau-pulau yang ada di Indonesia, Pulau Jawa merupakan salah satu pulau yang memiliki banyak gunung. Nah, berikut ini 7 puncak gunung tertinggi yang ada di Pulau Jawa.

1. Gunung Semeru

Gunung yang masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) ini memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl), di mana gunung yang juga dikenal dengan sebutan Mahameru ini menjadi puncak tertinggi di Pulau Jawa.

Adapun Gunung Semeru juga masuk ke dalam ‘seven summits’ Indonesia yaitu puncak tertinggi yang ada di Indonesia. Gunung ini menjadi puncak tertinggi ke-4 setelah Gunung Rinjani yang ada di Pulau Lombok.

2. Gunung Slamet

Gunung yang berada di perbatasan antara Kabupaten Brebes, Purbalingga, Banyumas, Tegal, dan Pemalang, Jawa Tengah ini menjadi puncak tertinggi kedua di Pulau Jawa dengan ketinggian mencapai 3.428 mdpl.

Mendaki ke gunung ini, pendaki bisa melalui beberapa jalur pendakian resmi, yaitu via Bambangan, Guci, dan Sawangan. Adapun jalur pendakian melalui Bambangan menjadi favoritnya para pendaki.

3. Gunung Sumbing

Gunung yang berada di tiga wilayah Kabupaten di Jawa Tengah, yaitu Temanggung, Magelang, dan Wonosobo ini memiliki ketinggian 3.371 mdpl, dan menjadi puncak tertinggi ketiga di Pulau Jawa. Gunung inipun bersanding dengan Gunung Sindoro yang jaraknya berdekatan, di mana seringkali pendaki melakukan pendakian yang dikenal dengan sebutan 3S (Slamet, Sumbing, dan Sindoro).

4. Gunung Arjuno

Gunung ini masuk ke dalam kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo yang berada di antara Kota Batu, Kabupaten Malang dan Kabupaten Pasuruan. Gunung yang bersebelahan dengan Gunung Welirang ini memiliki ketinggian 3.339 mdpl dan menjadi puncak tertinggi keempat di Pulau Jawa.

5. Gunung Raung

Gunung yang dikenal mempunyai jalur pendakian ekstrim ini memiliki ketinggian 3.332 mdpl yang berada di tiga wilayah Kabupaten, yaitu Banyuwangi, Bondowoso dan Jember, Jawa Timur. Gunung ini memiliki dua jalur pendakian yaitu via Kalibaru, dan Waringin.

6. Gunung Lawu

Gunung yang terkenal dengan adanya warung di atas puncak ini memiliki ketinggian 3.265 mdpl. Gunung Lawu terletak di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur termasuk ke dalam dua kabupaten, yaitu Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah dan Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Gunung Lawu memiliki tiga puncak, yaitu Puncak Hargo Dalem, Puncak Hargo Dumiling, Puncak Hargo Dumilah merupakan puncak tertinggi Gunung Lawu. Ada tiga jalur yang bisa dilalui untuk sampai ke puncak Hargo Dumilah, yakni jalur Cemoro Kandang, Cemoro Sewu, dan Candi Cetho.

7. Gunung Welirang

Gunung ini bersebelahan dengan Gunung Arjuno, makanya sering disebut sebagai Gunung Arjuno-Welirang. Gunung dengan ketinggian 3.156 mdpl ini berada di perbatasan Kabupaten Malang, dan Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.