0

Gunakan Prinsip 4M saat Packing Carrier

(Mounture.com) — Melakukan aktivitas pendakian ke gunung, memang mengharuskan pendaki untuk membawa perbekalan yang cukup sesuai dengan lamanya pendakian. Jika pendakian memakan waktu yang lama otomatis perbekalan yang dibawa pun harus lebih banyak.

Adapun untuk membawa perbekalan selama pendakian dibutuhkan tas carrier yang juga harus disesuaikan oleh barang bawaan pendaki. Jika semua sudah terpenuhi, lalu demi kenyamanan saat melakukan pendakian, maka pendaki pun harus mengerti cara untuk memuat barang-barang tersebut ke dalam carrier.

Pemuatan atau packing dalam tas carrier yang benar dan tepat akan membuat kalian tidak mudah lelah saat perjalanan. Nah, berikut ini metode dalam packing untuk pendakian yang menerapkan prinsip 4M, yaitu Memilah, Menimbang, Mengemas dan Menata, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

– Memilah,

Pilihlah barang-barang penunjang pendakian Anda, buat list atau daftar kebutuhan, pilah sesuai kebutuhan medan, utamakan yang paling sering dibutuhkan.

– Menimbang,

Timbang beban barang bawaan Anda, ukur sesuai kapasitas tubuh Anda. Maksimal beban adalah tiga per empat dari berat badan Anda. Jangan terlalu berlebihan atau over jika Anda belum terbiasa, karena akan terasa menyiksa pundak Anda. Usahakan pilih barang yang ringan (ultralight).

– Mengemas,

Kemas sesuai jenis atau dikelompokkan, baju dipisah sendiri dengan dimasukan ke dalam kantong plastik sendiri, makanan sendiri, jaket sendiri dan seterusnya. Jangan mencampur segala macam barang, karena akan menyusahkan ketika akan menggunakan barang tersebut. Usahakan dikemas semua ke dalam plastik dan di double untuk mencegah kebocoran saat keadaan basah.

– Menata,

Ada 2 jenis penataan barang saat dimasukan ke dalam tas carrier, yaitu:

1. Dilapisi gulungan matras,

Metode ini pastinya akan mengurangi volume tas carrier kalian, namun matras akan membantu menahan air masuk ke dalam tas carrier. Selain itu, tas carrier kalian menjadi lebih rapi.

2. Matras diluar,

Metode ini akan memaksimalkan ruangan yang ada di dalam tas carrier, biasanya untuk ekspedisi panjang karena barang yang akan dimasukan bisa muat banyak atau maksimal. Namun wajib kita lapisi dengan kantung plastik yang rapat untuk menghindari air masuk dan membasahi barang Anda. (MC/PC)

Foto: Mounture.com/DenChito