0

Lakukan 6 Perilaku Ini saat Mendaki Gunung

  • 21 Januari 2020 07:08

(Mounture.com) — Belakangan ini, kegiatan mendaki gunung telah menjadi salah satu aktivitas yang diminati baik oleh kaum muda maupun tua. Namun, dibalik populernya kegiatan mendaki gunung itu tidak juga diimbangi oleh kesadaran akan kelestarian lingkungan.

Masih ada perilaku tidak baik dan cenderung tidak bertanggung jawab yang dilakukan beberapa pendaki yang bisa merusak ekosistem, seperti membuang sampah sembarangan, vandalisme dan lainnya. Keadaan ini pun makin hari makin tidak terkontrol, sehingga perlu ditumbuhkannya kesadaran untuk berperilaku menghormati diri sendiri, orang lain serta alam selama pendakian.

Berikut ini 6 perilaku yang wajib kalian lakukan saat melakukan pendakian ke gunung, agar gunung tetap lestari dan bersih.

1. Bawa kembali sampah turun,

Sampah yang kalian bawa adalah tanggung jawab kalian, jangan jadikan gunung sebagai tempat sampah. Kemasi sampah kalian, bawa kembali sampah ke bawah atau turun dan buanglah di tempat sampah yang tersedia di basecamp.

2. Bawa Kantong sampah (Trash bag),

Usahakan untuk selalu membawa kantong sampah (trash bag) agar sampah kalian tidak berceceran. Jika diperlukan, kalian juga bisa mengambil sampah-sampah yang kalian temui selama pendakian. Jangan bersikap apatis atau tidak peduli.

3. Tegur pendaki lain yang menyimpang,

Lakukan teguran kepada pendaki lain secara halus untuk mereka yang membuang sampah sembarangan.

4. Jaga kelestarian alam,

Pastikan tujuan kalian mendaki gunung adalah untuk menikmati alam, bukan untuk mengotori, merusak atau memburu serta membunuh satwa-satwa di kawasan gunung.

5. Jaga etika,

Selama pendakian, kalian mesti menjaga etika dan kesopanan. Penting untuk saling menghormati sesama pendaki lainnya.

6. Jaga kebersihan,

Gunung bukanlah toilet umum, jadi jangan buang kotoran di sembarang tempat. Jangan malas untuk melakukan penggalian dan setelah selesai lakukan penguburan kembali. (MC/RIL)