0

Ini Oleh-oleh Khas Kota Kuningan

(Foto: dok. Facebook/Ridwan Kamil)

Mounture.com — Kota Kuningan, Jawa Barat merupakan salah satu kota yang memiliki banyak destinasi wisata alam, salah satunya yang ternama ialah Gunung Ciremai. Selain destinasi wisata, kota Kuningan juga banyak memiliki aneka macam oleh-oleh yang bisa dibawa pulang.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa oleh-oleh khas kota Kuningan yang wajib dibawa pulang.

1. Tape ketan ember

Tape ketan biasanya dibungkus kecil-kecil dengan daun, memiliki rasa yang segar, dan nikmat. Uniknya, di Kuningan tape ketan dijual menggunakan ember serta memiliki warna agak hijau.

Adapun penggunaan ember kecil hitam untuk tape ketan ini memiliki alasan, yaitu untuk menampung kucuran air dari tape ketan tersebut saat dikonsumsi. Jadi kucuran air tersebut bisa tertampung dalam ember dan tetap bisa dikonsumsi.

2. Jeniper

Oleh-oleh khas Kuningan yang lain yaitu Jeniper. Minuman ini memiliki kepanjangan dari jeruk nipis peras. Mirip seperti sirup namun minuman ini berasal dari jeruk nipis yang diperas lalu ditambahkan sedikit gula. Cara mengkonsumsinya ialah dengan menambahkan sedikit air.

Minuman yang memiliki rasa asam ini tersedia dalam bermacam ukuran, dari botol kecil hingga besar.

Baca juga: Purwaceng, Oleh-oleh Khas Wonosobo yang Dikenal Bikin ‘Strong’

3. Keripik gemblong

Beda dengan keripik pada umumnya, keripik Gemblong sedikit unik, sebab terdapat oncom di bagian tengahnya yang memberikan cita rasa lain pada camilan ini. Keripik ini memiliki warna kekuningan yang cocok dijadikan camilan.

4. Kopi Luwak Linggarjati

Bagi pecinta kopi, jangan sampai ketinggalan untuk membawa oleh-oleh yang satu ini, yaitu kopi Luwak Linggarjati. Kopi ini proses pembuatannya alami dan aroma yang dikeluarkannya pun khas dan nikmat saat di seduh. (MC/LS)