0

Ini Gunung dengan Panorama Danau yang Wajib Dikunjungi

Suasana pagi di Danau Ranu Kumbolo, Gunung Semeru (Mounture.com/Olis)

Mounture.com — Berkegiatan di alam bebas, terutama mendaki gunung tak selalu mencari suasana alam yang sejuk dan hening, tetapi juga panorama alam yang ada di sekitar gunung.

Adapun salah satu panorama alam yang ada di gunung ialah danau. Namun, tak semua gunung yang ada di Indonesia memiliki danau yang tersembunyi alias di kawasan gunung itu sendiri.

Berikut ini danau yang wajib kalian kunjungi ketika melakukan pendakian ke gunung di Indonesia.

1. Ranu Kumbolo – Gunung Semeru

Danau yang berada di ketinggian 2.400 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu merupakan sumber utama air bersih bagi para pendaki Gunung Semeru. Biasanya di danau ini, pendaki akan melakukan camp sebelum melanjutkan perjalanan untuk puncak Mahameru.

Danau ini memiliki panorama alam yang luar biasa indah, di mana kalian akan melihat sajian matahari terbit yang muncul diantara dua bukit yang begitu menawan dan tak boleh dilewatkan.

2. Segara Anak – Gunung Rinjani

Danau yang ada di Gunung Rinjani ini berada di ketinggian 2.004 mdpl, di mana pendaki bisa melakukan kegiatan mancing ikan di lokasi ini. Selain itu di sekitar danau pun terdapat beberapa lokasi pemandian air panas, dan juga goa-goa.

Segara Anak merupakan danau kawah yang memiliki air jernih berwarna biru, namun tidak disarankan untuk diminum sebab memiliki rasa anta atau air payau karena bercampur dengan belerang.

BACA JUGA: 5 Danau Terbesar di Indonesia

3. Taman Hidup – Gunung Argopuro

Danau yang berada di ketinggian 1.980 mdpl ini merupakan salah satu panorama alam memukau di Gunung Argopuro. Danau ini sering dijadikan spot foto oleh pendaki serta untuk tempat bermalam juga.

Di balik keindahan danau ini, ternyata Taman Hidup menurut kepercayaan masyarakat setempat juga memyimpan kisah mistis yaitu sosok Dewi Rengganis.

4. Tiga Warna – Gunung Kelimutu

Danau yang berada di Gunung Kelimutu ini memiliki keindahan yang berbeda daripada danau-danau yang ada di gunung di Indonesia, sebab terdapat tiga danau dengan warna-warna yang berbeda.

Danau yang berada di ketinggian 1.639 mdpl itu terkenal akan warnanya yang dapat berubah-ubah dari hijau menjadi biru, hitam atau merah.

5. Gunung Tujuh – Gunung Kerinci

Danau ini berada di kawasan Gunung Kerinci, di mana danau Gunung Tujuh berada di ketinggian 1.950 mdpl. Dinamai Danau Gunung Tujuh karena di kelilingi tujuh puncak gunung di sekitarnya.

Gunung-gunung tersebut antara lain Gunung Hulu Tebo (2.525 mdpl), Gunung Hulu Sangir (2.330 mdpl), Gunung Madura Besi (2.418 mdpl), Gunung Lumut yang ditumbuhi berbagai jenis lumut (2.350 mdpl), Gunung Selasih (2.230 mdpl), Gunung Jar Panggang (2.469 mdpl), dan Gunung Tujuh (2.735 mdpl).

Danau ini tercipta karena proses letusan gunung api yaitu Gunung Tujuh di Kabupaten Kerinci. Letusan gunung tersebut menyebabkan terbentuknya sebuah kawah besar yang kemudian terisi oleh air hujan sehingga membentuk sebuah danau.

6. Telaga Dewi – Gunung Singgalang

Danau ini terdapat di Gunung Singgalang yang berada di ketinggian 2.760 mdpl. Danau Telaga Dewi merupakan kawah yang berisi air yang dapat diminum. Letaknya dekat dengan puncak Gunung Singgalang, sehingga wajib dikunjungi oleh pendaki.

7. Mabuk – Gunung Masurai

Gunung yang terletak di Jambi ini memiliki danau bernama Mabuk yang berada di ketinggian 2.533 mdpl. Lokasi danau ini masih berada di dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Kendati jalur menuju danau ini cukup sulit, akan tetapi keindahan panorama danau ini akan membayar semuanya. (MC/LS)