Ini 4 Aplikasi GPS yang Cocok untuk Traveling

Mounture.com — Global Positioning System (GPS) merupakan teknologi yang dikembangkan oleh departemen pertahanan Amerika, di mana sistem ini pertama kali dirancang oleh departemen pertahanan Amerika pada tahun 1970.

Namun untuk saat ini, teknologi GPS sudah banyak ditanamkan pada ponsel-ponsel keluaran terbaru baik dengan sistem operasi Android ataupun iOS. Fitur GPS ini bisa mengetahui lokasi di mana Anda berada, jika Anda mengaktifkan fiturnya.

Anda bisa memaksimalkan GPS untuk mengetahui jalan ketika Anda sedang menuju suatu tempat. Jadi Anda tidak perlu lagi kebingungan ketika ingin pergi ke suatu tempat tersebut. Banyak sekali aplikasi-aplikasi sekarang yang berbasis GPS saat ini.

Nah, berikut ini 4 aplikasi GPS terbaik yang cocok digunakan untuk traveling seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Maps,

Aplikasi ini merupakan besutan Google, di mana hampir semua ponsel bersistem operasi Android sudah tertanam aplikasi ini. Aplikasi Maps memiliki sistem navigasi yang lengkap, selain itu fitur paduan suara di Google Maps tentu saja juga sangat membantu kita yang sedang berkendara di jalan raya, sehingga kita tinggal mendengarkan suara dari aplikasi Maps sebagai penunjuk arah.

Selain itu, Google Maps juga bisa memberikan informasi rute-rute jalan, bahkan jalan alternatif ketika Anda sedang menuju suatu tempat. Lalu, ada juga fitur unggulan yang bisa memberikan informasi lalu lintas di sekitar Anda secara real time.

Tak hanya sebagai penunjuk arah saja, namun Maps ini juga bisa kita gunakan untuk melihat restoran terdekat, rumah ibadah terdekat, sampai pom bensin terdekat. Fitur-fitur yang lengkap dari aplikasi Maps ini tentu saja sangat bermanfaat bagi kita yang mungkin belum begitu paham mengenai jalan menuju tempat yang kita tuju.

2. Waze,

Aplikasi ini memiliki keunggulan berupa saling terhubungnya antara satu pengguna dengan pengguna yang lainnya. Hal ini bisa membuat Anda tahu informasi yang diberikan oleh pengguna lain ketika melewati jalan yang sama dengan Anda, dan itupun bisa secara real time.

Aplikasi Waze ini akan memberikan rute tercepat untuk menuju ke suatu tempat. Selain itu, Waze juga bisa memberikan informasi jika ada kerusakan pada jalan tertentu, titik macet hingga lokasi fasilitas umum terdekat, seperti pom bensin hingga tempat ibadah.

3. BackCountry Navigator TOPO GPS,

Aplikasi ini sangat berguna bagi Anda yang suka hiking. TOPO GPS bisa menunjukkan arah jalan dengan tepat sehingga Anda tidak akan tersesat ketika hiking. Dengan banyaknya fitur yang terdapat di TOPO GPS, Anda tidak akan pernah tersesat di jalan.

Selain itu aplikasi TOPO GPS ini juga tersedia secara offline. Jadi bagi Anda yang tidak memiliki koneksi internet, Anda masih bisa mendapatkan petunjuk jalan dengan cepat dan tepat menggunakan aplikasi TOPO GPS ini.

Selain cocok bagi kita yang suka hiking, aplikasi TOPO GPS ini juga cocok bagi para pemudik, di mana aplikasi ini bisa memberikan alternatif jalan untuk menghindari macet.

4. Maps.me,

Aplikasi GPS ini bisa dijalankan secara offline. Maps.me memberikan rute jalan yang benar dan tepat bagi Anda yang sedang dalam perjalanan menuju ke suatu tempat. Dengan bisa dijalankan secara offline, aplikasi maps.me ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda. Apalagi peta yang di hadirkan oleh maps.me ini juga sudah mencakup seluruh jalan di dunia.

Karena aplikasi GPS ini offline, tentu saja Anda bisa mengetahui rute dan petunjuk jalan secara tepat dan akurat dengan aplikasi GPS ini tanpa memerlukan koneksi internet. Selain itu, aplikasi GPS ini juga gratis dan bisa dipakai selamanya loh. Jadi Anda bisa menikmati semua fitur yang ada pada aplikasi GPS ini secara gratis selamanya.

Aplikasi Maps.me ini juga bisa menunjukkan arah sesuai dengan jenis kendaraan yang Anda pakai loh. Misalnya Anda berkendara dengan mobil, nah aplikasi ini akan memberikan jalan yang sesuai dengan kendaraan mobil misalnya lewat tol. Atau Anda menggunakan sepeda motor, aplikasi ini bisa membantu memberikan rute terbaik untuk sepeda motor. (MC/SZ)

Foto: dok. Google

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.