Handy Talkie Permudah Koordinasi saat Pendakian

Ilustrasi (dok. https://nomadenesia.wordpress.com/)

Mounture.com — Melakukan kegiatan mendaki gunung membutuhkan kerja sama antar pendaki dalam satu tim. Hal ini untuk memberikan keamanan, kenyamanan hingga keselamatan saat melakukan pendakian.

Koordinasi tim saat pendakian sangat penting ketika perjalanan maupun saat sudah mendirikan tenda. Gunanya untuk mencegah rombongan tertinggal atau terpisah hingga memastikan kondisi tim dalam keadaan baik-baik saja.

Selain itu, koordinasi tim diperlukan untuk membagi tugas untuk lebih tertata dengan adanya komunikasi yang lancar tanpa harus bersusah payah kembali ke posisi awal untuk melaporkan situasi.

Adapun perangkat yang bisa digunakan untuk berkoordinasi antar pendaki ialah handy talkie (HT). HT merupakan salah satu alat komunikasi yang memanfaatkan gelombang radio. Piranti ini menjadi alat komunikasi vital ketika sinyal ponsel tidak ada di suatu tempat, salah satunya adalah di gunung.

Mesti tidak semua pengelola gunung memperbolehkan penggunaan HT kepada pendaki saat pendakian, namun piranti ini merupakan salah satu alat komunikasi penting untuk memantau kondisi tim pendakian.

Penggunaan HT bisa berfungsi untuk memantau pergerakan tim di jalur pendakian, berbagi informasi sesama tim terkait kondisi jalur, berkabar mengenai kondisi kesehatan anggota tim hingga untuk situasi darurat.

Selain itu, HT juga bisa berguna untuk berkomunikasi dengan basecamp pendakian untuk update cuaca hingga meminta bantuan ketika ada masalah di jalur pendakian. Intinya, HT cukup banyak memberikan manfaat dalam hal koordinasi dalam sebuah pendakian. (MC/PC)