0

Sekilas Tentang Gunung Sibayak di Sumatera Utara

(Mounture.com) — Gunung Sibayak yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara merupakan salah satu gunung favorit di Pulau Sumatera. Gunung yang disebut ‘gunung Raja’ oleh masyarakat suku Karo itu memiliki ketinggian 2.212 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Untuk bisa mendaki ke gunung Sibayak, ada 3 jalur pendakian resmi, yaitu jalur Desa Semangat Gunung, jalur Desa Jarang Uda dan jalur 54. Dari ketiga jalur pendakian tersebut, jalur 54 merupakan jalur yang disebut paling menantang dengan waktu tempuh sekitar 5 jam perjalanan.

Adapun jalur pendakian yang terbilang cukup singkat adalah jalur Desa Semangat Gunung yang bisa ditempuh dengan durasi pendakian kurang lebih 1-2 jam perjalanan.

Puncak dari gunung yang berjarak 50 kilometer dari Kota Medan ini dipenuhi dengan bebatuan yang tidak beraturan. Hal itu pula yang menjadi daya tarik wisatawan.

Dari puncak gunung Sibayak, wisatawan atau pendaki akan disuguhkan oleh pemandangan lansekap Kota Berastagi, dan juga dari kejauhan terlihat puncak Gunung Sinabung yang berdiri gagah menjulang tinggi. (MC/PC)

Foto: Instagram/@ibnuiksan