0

Kiat Buat Api Unggun yang Aman

Ilustrasi (dok. orielle.com)

Mounture.com — Berkegiatan alam bebas terkadang identik dengan pembuatan api unggun. Meski belakangan ini pembuatan api unggun banyak dilarang di gunung-gunung di Indonesia, namun pembuatan api unggun masih bisa dilakukan di beberapa tempat seperti di camping ground atau lainnya.

Adapun sebelum membuat api unggun, ada beberapa cara agar pembuatannya tidak membahayakan diri ataupun lingkungan sekitar. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini kiat membuat api unggun yang aman.

1. Buat tungku

Langkah pertama yang dilakukan untuk membuat api unggun ialah dengan membuat tungku. Buatlah tungku dengan menggunakan batu atau kayu besar, lalu susun secara rapi.

2. Penggunaan ranting

Untuk membuat api unggun, maka diperlukan ranting pohon. Carilah ranting pohon yang berukuran kecil dan kering. Gunanya akan ranting tersebut mudah terbakar dan lebih menghemat bahan bakar seperti spirtus.

3. Menyalakan api

Usai menyusun ranting di tungku, langkah selanjutnya adalah menyalakan api. Nyalakan api pada tempat yang bersih dari rerumputan agar kobaran api tidak menyambar ke rumput-rumput.

4. Beri jarak dengan tenda

Pastikan tempat api unggun diberi jarak dengan tenda yang kalian dirikan. Jangan terlalu dekat jarak antara tenda dan api unggun agar tidak berakibat fatal akibat kobaran api unggun.

5. Padamkan api unggun

Perlu diingat, sebelum ditinggalkan seperti pergi tidur atau lainnya, pastikan untuk selalu memadamkan api unggun. Padamkan api unggun dengan menggunakan pasir atau air. (MC/PC)