Kegiatan Pendakian Gunung Sindoro via Kledung Ditutup Sementara

Pemandangan dari Gunung Sindoro via Kledung (dok. Instagram/@nursyaban12)

Mounture.com — Gabungan Remaja Anak Sindoro (Grasindo) mengumumkan penutupan sementara jalur pendakian Gunung Sindoro via Kledung sejak 3 Januari 2022 kemarin. Penutupan itu diinformasikan melalui surat pengumuman bernomor 01/SEK.A.GRSD/SE/PNT/I/2022 tertanggal 1 Januari 2022.

Dalam surat itu dijelaskan bahwa penutupan jalur pendakian via Kledung dilakukan berdasarkan hasil rapat koordinasi di sekretariat yang bertempat di Kledung, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

“Pendakian Gunung Sindoro jalur Kledung ditutup mulai tanggal 3 Januari 2022 sampai dengan pemberitahuan selanjutnya dikarenakan kondisi cuaca yang semakin memburuk yang dapat mengancam keselamatan pengunjung,” tulis surat pengumuman Grasindo, belum lama ini.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa penutupan kegiatan pendakian Gunung Sindoro jalur Kledung ini juga dimaksudkan untuk pemulihan atau revitalisasi ekosistem di sepanjang jalur pendakian dalam upaya menjaga dan memelihara keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa dan ekosistem.

“Demikian pengumuman ini kiranya dapat disebar luaskan kepada segenap pecinta alam dan peminat pendakian Gunung Sindoro via Kledung serta pihak pihak terkait,” tutup surat pengumuman Grasindo terkait penutupan jalur pendakian Gunung Sindoro via Kledung. (MC/RIL)