0

Kiat Packing untuk Mendaki Gunung

Ilustrasi packing (Mounture.com/DenChito)

Mounture.com — Saat akan melakukan pendakian ke gunung, pendaki akan membawa bermacam barang yang diperlukan untuk kegiatan di alam bebas tersebut. Adapun untuk menunjang kenyamanan, maka pendaki pun harus pintar dalam hal packing barang.

Melakukan packing barang dengan benar dimaksudkan agar barang-barang bawaan tidak ada yang tertinggal atau malah bakal membuat barang-barang tersebut tidak beraturan penempatannya yang bisa membuat bingung saat dibutuhkan. Selain itu, packing yang benar juga bisa membuat tubuh terhindar dari cedera.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini kiat packing untuk mendaki gunung.

1. Lakukan sehari sebelum keberangkatan

Pastikan untuk melakukan packing minimal sehari sebelum hari keberangkatan. Agar tidak terburu-buru saat packing, yang akan membuat banyak barang tertinggal atau bahkan belum siap. Sementara saat dalam pendakian, sebisa mungkin packing barang-barang dengan santai tanpa terburu-buru dengan cara lakukan packing sejam sebelum waktu turun gunung.

2. Kelompokan barang

Gunanya untuk mempermudah dalam pencarian barang ketika diperlukan. Pengelompokkan barang juga akan mengurangi risiko lupa akan sesuatu barang, karena biasanya satu barang akan berhubungan dengan benda lainnya.

Semisal saat kalian mengambil tabung gas, pasti kalian akan memeriksa di mana kompor dan alat masak lainnya. Pastikan benda yang akan kalian bawa adalah barang yang telah di list atau tercatat sebelumnya.

3. Siapkan waterproof bag

Setelah barang-barang telah dikelompokkan, maka masukkan ke dalam tas atau kantong anti air. Gunanya untuk menjaga agar barang bawaan tidak basah apabila terjadi hujan.

Pastikan kantong anti air tersebut menutup rapat pada barang bawaan kalian, karena hawa dingin bisa masuk dan membuat barang tersebut terasa lembab dan kurang nyaman saat pertama kali dipakai. Tujuan lainnya adalah untuk memudahkan dalam mengambil barang sesuai kategori dalam tas carrier kalian.

4. Atur penempatan

Ada prioritas penempatan barang dalam tas carrier, pertama adalah dengan prioritas berat yang harus dekat dengan punggung dan yang paling ringan jauh dari punggung, yang kedua adalah prioritas kebutuhan barang yang sering digunakan yang mana harus diletakkan di posisi teratas agar mudah diakses atau dimasukan ke dalam top lid compartment.

5. Seimbangkan beban

Menyeimbangkan beban pada sisi kiri dan kanan sangatlah penting sehingga carrier tidak berat ke salah satu sisi saja.

6. Sisipkan benda di luar tas carrier

Tas carrier biasanya memiliki saku-saku kecil di sekitaranya, bisa kalian gunakan untuk menempatkan seperti botol minum atau alat pemotong dengan sarungnya. Bisa juga menempatkan jaket anti air agak mudah diakses ketika turun hujan secara tiba-tiba. (MC/PC)