0

Hal Terlarang Dilakukan saat Mendaki Gunung

Ilustrasi mendaki gunung (dok. Cozmeed)

Mounture.com — Berkegiatan di alam bebas, khusus mendaki gunung memang menjadi aktivitas yang cukup digemari belakangan ini. Saking diminatinya, terkadang ada saja oknum-oknum pendaki yang melakukan tindakan-tindakan yang membahayakan kelestarian alam.

Adapun seorang pendaki sangat menjunjung tinggi kelestarian alam, oleh karenanya pendaki gunung pun harus mengetahui mana hal yang dilarang dilakukan saat mendaki gunung.

Berikut ini beberapa hal yang terlarang dilakukan saat mendaki gunung.

1. Buang sampah sembarang

Hal ini merupakan perbuatan yang terlarang dilakukan seorang pendaki gunung. Sebab, sampah-sampah yang dibuang sembarangan akan mengotori gunung serta merusak kelestarian alam.

Pastikan untuk selalu memasukkan sampah yang kalian ingin buang ke dalam tas sampah, dan bawa kembali turun sampah tersebut.

2. Mengandalkan perlengkapan teman pendakian

Mengandalkan perlengkapan teman saat pendakian merupakan hal yang harus sangat dihindari atau tidak boleh dilakukan. Sebab, mendaki gunung memerlukan perlengkapan yang hanya digunakan oleh individu masing-masing.

Selain menyusahkan, mengandalkan perlengkapan teman sesama pendaki juga memiliki risiko bahaya bagi kalian, terlebih ketika kalian tertinggal oleh rekan-rekan lainnya saat pendakian.

Sebisa mungkin kamu harus membawa perlengkapan untuk diri sendiri. Sebab, hal itu bisa menyusahkan teman yang lain saat melakukan pendakian gunung. Mendaki gunung merupakan kegiatan yang menuntut kalian harus bisa mandiri. Sehingga kalian harus mempersiapkan segalanya secara masing-masing =.

3. Menyepelekan jalur pendakian

Trek atau jalur yang akan dilalui pendaki tidak selalu sama antara gunung yang satu dengan yang lainnya. Oleh karenanya, pendaki sangat dilarang untuk menyepelekan jalur-jalur yang akan dilintasi.

Menyepelekan jalur pendakian pastinya akan membuat risiko bahaya bagi diri sendiri. Sebab, kalian menjadi tidak mempersiapkan secara matang mengenai pendakian yang akan dilalui.

4. Mengambil sesuatu dari gunung

Pantang bagi seorang pendaki untuk mengambil sesuatu yang ada di gunung, seperti tanaman atau lainnya. Sebab, hal itu akan merusak ekosistem juga kelestarian alam yang ada di gunung.

5. Istirahat terlalu lama

Meski mendaki gunung bakal menguras tenaga, namun sangat disarankan pendaki untuk beristirahat tidak terlalu lama. Pasalnya, jika istirahat terlalu lama maka akan membuat suhu tubuh menurun drastis sehingga akan sulit kembali stabil. Parahnya, bisa sampai terkena hipotermia.

6.Berbuat asusila

Tak hanya saat pendakian ke gunung, di manapun kalian berada, perbuatan yang tidak senonoh atau asusila sangat dilarang. (MC/LS)