Hal Positif yang Bisa Didapat dari Mendaki Gunung

Ilustrasi pendaki gunung (Mounture.com/DenChito)

Mounture.com — Melakukan pendakian ke gunung merupakan salah satu aktivitas yang tergolong memiliki risiko tinggi, dikarenakan mendaki gunung membutuhkan perlengkapan, hingga persiapan yang matang saat akan melakoninya.

Namun dibalik risiko tinggi itu, mendaki gunung juga bisa membawa kesenangan bahkan kerinduan akan melakukan kegiatan di alam bebas. Nah, berikut ini beberapa hal positif yang bisa didapatkan saat melakukan pendakian ke gunung.

1. Menjalin tali silaturahmi

Sudah tidak dipungkiri, pendaki memiliki jiwa solidaritas yang tinggi. Meskipun tidak saling mengenal, namun ikatan tali silaturahmi sesama pendaki tidak akan putus begitu saja. Contohnya saat berpas-pasan di jalur pendakian, pendaki-pendaki pasti akan saling menyapa, bahkan ada juga yang memberi semangat.

Dengan melakukan pendakian, maka kalian juga bisa menambah teman yang memiliki hobi yang sama. Bahkan, ada juga yang malah berjodoh karena bertemu saat pendakian ke gunung.

2. Menyehatkan tubuh dan pikiran

Mendaki gunung adalah sebuah kegiatan yang melibatkan semua indera dan seluruh anggota tubuh. Pada dasarnya, pendakian yang dilakukan dengan teratur akan menjaga kesehatan tubuh. Bahkan menurut penelitian mendaki gunung dapat membuat jantung dan paru-paru semakin kuat, membuat tulang kuat dan terhindar dari osteoporosis, terhindar dari risiko diabetes, dan penyakit-penyakit lainnya.

3. Lebih bersyukur

Melakukan pendakian artinya kalian sedang menikmati mahakarya Tuhan di bumi ini. Keindahan alam, keberagaman, rasa senang, dan sebagainya akan timbul dari dalam diri. Mengambil manfaat dari sebuah perjalanan ternyata mampu membaut kita semakin dekat dengan Pencipta.

4. Membuka Wawasan

Dengan melakukan pendakian, kalian akan menemui tempat baru, dan sudah pasti kalian akan menemui hal-hal yang baru. Hal ini membuat kalian keluar dari zona nyaman serta melepaskan beban dari rutinitas yang sering dihadapi, dan tentunya akan menambah wawasan yang kalian miliki.

5. Mengenal diri sendiri

Saat mendaki gunung, kalian akan bertemu dengan banyak hal baru. Di tahap itu, kalian akan mulai bisa mengenali karakter diri sendiri, tentang apa yang disukai, atau bahkan yang ditakuti. Selain itu, kalian juga bisa lebih mengontrol ego masing-masing. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.