0

Deretan Gunung Tinggi di Jawa Timur

  • 1 September 2022 07:03

Gerbang awal pendakian Gunung Semeru (Mounture.com/Rani)

Mounture.com — Sebagai salah satu negara dengan jumlah gunung terbanyak, Indonesia memiliki sebaran gunung dari timur hingga barat baik itu gunungapi aktif ataupun yang tidak aktif. Diantara wilayah di Indonesia yang memiliki banyak gunung ialah Provinsi Jawa Timur.

Adapun Gunung Semeru menjadi gunung tertinggi di wilayah Jawa Timur, bahkan gunung ini menjadi tertinggi di Pulau Jawa dan gunungapi tertinggi ketiga di Indonesia dengan ketinggian mencapai 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Berikut ini beberapa deretan gunung yang ada di Jawa Timur.

1. Gunung Semeru

Sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa, Gunung Semeru menjadi salah satu destinasi pendakian favorit dan menjadi salah satu gunung terindah di Indonesia. Ada banyak tempat indah yang akan ditemui selama melakukan pendakian ke gunung ini.

Mulai dari danau Ranupani dan Ranu Regulo di sekitar base camp sampai pada puncak Mahameru yang legendaris. Selain itu ada juga danau Ranu Kumbolo, Oro-oro Ombo, Kalimati dan masih banyak lagi.

BACA JUGA: Beberapa Deretan Gunung yang Ada di Jawa Barat

2. Gunung Argopuro

Gunung yang berada di beberapa wilayah, antara lain Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Jember, Kabupaten Bondowoso, dan Kabupaten Situbondo merupakan salah satu gunung dengan trek terpanjang.

Adapun keindahan alam yang menjadi daya tarik pendaki di gunung dengan ketinggian 3.088 mdpl ini adalah Cikasur, sungai Qalbu, dan Danau Taman Hidup. Di Cikasur, pendaki akan menemui sabana luas yang kaya akan flora dan fauna serta situs bersejarah.

3. Gunung Raung

Gunung ini merupakan salah satu gunung dengan trek ekstrim yang ada, oleh karenanya untuk mendaki gunung ini diperlukan peralatan penunjang keselamatan. Gunung ini terletak di Banyuwangi, Jawa Timur dengan ketinggian mencapai 3.344 mdpl.

BACA JUGA: Wow! Ini Beberapa Pasar Setan di Gunung Indonesia

4. Gunung Merapi

Tak hanya di Jawa Tengah, Gunung Merapi juga ada di Jawa Timur tepatnya di sebelah timur Gunung Ijen. Gunung ini memiliki ketinggian 2.799 mdpl hanya selisih sekitar 200an meter dari Gunung Merapi di Jawa Tengah yang lebih populer.

Gunung yang berada di dua Kabupaten, yakni Banyuwangi dan Bondowoso ini terbilang masih sangat asri dan pendakian ke puncaknya masih sangat dibatasi. Uniknya, gunung ini dikenal dengan kawah Bulan Sabit-nya, di mana kawah tersebut cukup sakral bagi masyarakat setempat.

5. Gunung Arjuno – Welirang

Gunung ini sering disebut sebagai gunung kembar, sebab lokasi gunung ini saling berdekatan serta jalur pendakiannya pun sama. Gunung Arjuno memiliki ketinggian 3.339 mdpl, sedangkan Gunung Welirang memiliki ketinggian 3.156 mdpl. (MC/PC)