0

Berwisata Sambil Belajar di Suaka Elang Loji

(Foto: dok. TN Gunung Halimun Salak)

Mounture.com — Melakukan liburan sambil belajar memang bisa menjadi pilihan untuk berakhir pekan. Adapun lokasi wisata alam yang bisa digunakan sembari belajar salah satunya adalah Suaka Elang Loji di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Lokasi wisata alam yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) ini terletak di Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor. Lokasi ini juga cukup mudah untuk dicapai dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun empat.

Loji memang dikenal dengan suaka Elang, yaitu suatu tempat yang digunakan untuk merehabilitasi burung Elang hasil penyitaan atau serahan dari masyarakat untuk dipersiapkan sebelum dilepasliarkan kembali ke habitat aslinya di hutan TNGHS.

Di lokasi itu terdapat gugusan kandang yang digunakan untuk merehabilitasi Elang, yang biasanya terdiri dari empat spesies Elang, yaitu Elang Jawa (Nisaetus bartelsi), Elang ular bido (Spilornis cheela), Elang hitam (Ictinaetus malaiensis) dan Elang brontok (Nisaetus cirrhatus).

Kandang ini bisa dikunjungi oleh para peneliti, mahasiswa pelajar ataupun umum yag ingin mengetahui lebih jauh tentang keempat jenis Elang tersebut. Selain Suaka Elang, di lokasi ini juga terdapat kantor Resort Salak I, yang dilengkapi dengan bangunan visitor center dan pelataran kayu terbuka yang dibangun di atas sungai.

BACA JUGA: Rekomendasi Bumi Perkemahan untuk Liburan Akhir Pekan

Selain Suaka Elang, di Loji ini juga tersedia objek wisata alam lainnya, seperti camping ground, dan air terjun Cibadak.

Untuk camping ground, lokasinya tidak jauh dari Suaka Elang, terdapat area berkemah dengan luas sekitar 0,5 hektaer. Area ini sering dijadikan area bermain dan belajar para pengunjung. Area ini dapat juga dijadikan sebagai area untuk kegiatan outbond.

Sementara air terjun Cibadak memiliki ketinggian sekitar 30 meter, dengan debit air yang cukup besar. Dari jarak jauh, air terjun ini tampak berbentuk seperti selendang berwarna putih. Untuk mencapai air terjun Cibadak, diperlukan waktu sekitar 30 menit berjalan kaki dari lokasi camping ground Loji. (MC/LS)