4 Penyebab Pendaki Tersesat di Gunung

dok. Cozmeed

Mounture.com — Melakukan pendakian ke gunung merupakan salah satu aktivitas yang memiliki risiko tinggi, salah satunya adalah tersesat di gunung. Dalam beberapa kasus, sebanyak 85 persen terjadinya tersesat di gunung terjadi pada saat pendaki jalan menuruni puncak gunung.

Hal ini disebabkan karena sebagian pendaki lebih menggampangkan situasi itu, setelah sampai puncak biasanya mereka lupa untuk mempersiapkan diri untuk menuruninya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa penyebab pendaki tersesat di gunung.

1. Kurang konsentrasi

Hal ini menjadi salah satu persentase terbesar dalam banyaknya kasus tersesat di gunung. Adapun kurangnya konsentrasi bisa disebabkan beberapa faktor, salah satunya adalah kelelahan. Oleh karena itu, disarankan jangan terlalu memaksakan diri ketika merasa lelah, sebaiknya segera beristirahat sejenak untuk memulihkan fisik dan juga mental.

2. Tidak hafal jalur

Tidak hafal akan jalur pendakian yang dilewati menjadi salah satu dari beberapa penyebab pendaki bisa tersesat di gunung. Biasanya pendaki-pendaki yang baru melalui jalur tersebut yang seringkali tidak hafal jalur.

3. Kurang pengetahuan

Kurangnya pengetahuan tentang berkegiatan di alam bebas bisa menjadi faktor penyebab tersesat di gunung. Tak sedikit pendaki yang tersesat di gunung bisa selamat dan ditemukan dikarenakan mereka paham tentang apa yang harus dilakukan saat dalam kondisi tersesat.

4. Tidak ada persiapan

Banyak kejadian pendaki tersesat dikarenakan melakukan pendakian tanpa persiapan apapun. Mulai dari minimnya peralatan, pengetahuan hingga pengalaman akan dunia pendakian. Disarankan sebelum melakukan pendakian untuk mempersiapkan segala hal. Selain itu, mengajak teman pendakian yang sudah paham akan gunung yang akan didaki juga bisa menjadi pertimbangan sebelum pendakian. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.