Mengenal Jalur Pendakian Gunung Pakuwaja via Parikresit

Pemandangan dari Gunung Pakuwaja (dok. instagram/@willymuliasaputra)

Mounture.com — Gunung Pakuwaja yang terletak di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah memang tidak setenar Gunung Prau, namun gunung dengan ketinggian 2.421 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu memiliki pesona yang tak kalah menarik.

Di gunung yang memiliki kawah yang masih mengeluarkan bau belerang ini terdapat sebuah batu yang berbentuk seperti paku. Konon katanya, paku tersebut merupakan paku Pulau Jawa.

Adapun letak basecamp gunung ini berada di Desa Parikresit yang tidak jauh dari gerbang masuk kawasan Dieng Plateau. Untuk bisa mendaki ke Gunung Pakuwaja, pendaki akan dikenakan tarif retribusi sebesar Rp10 ribu per orang, sementara untuk biaya penitipan kendaraan juga sama.

dok. instagram/@pakuwajamountain

Kontur jalur pendakian Gunung Pakuwaja via Parikresit terbilang cukup menantang, di mana sebelum masuk ke hutan, pendaki akan melewati tanjakan yang dinamakan tanjakan 90 persen.

Setelah melalui pos 3, kalian bisa lurus untuk menuju ke puncak, dan belok ke kanan untuk menuju lokasi camp. Setelah turun ke puncak, kalian dapat turun ke sabana Gunung Pakuwaja. Pemandangan gunung di area barat dari arah puncak. Disarankan berada di puncak saat sunrise tiba. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.