Mengenal 4 Jalur Pendakian Resmi Gunung Arjuno-Welirang

(Mounture.com) — Gunung Arjuno – Welirang yang masuk ke dalam kawasan konservasi Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo terletak di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Dua gunung ini merupakan salah satu gunung favorit yang ada di Jawa Timur dengan ketinggian 3.339 meter di atas permukaan laut (mdpl) untuk Gunung Arjuno dan 3.156 mdpl. Untuk mendaki ke Gunung Arjuno – Welirang, para pendaki bisa melalui 4 jalur pendakian resmi, yaitu via Tretes (Pasuruan), via Tambaksari (Pasuruan), via Lawang (Malang) dan via Sumber Brantas (Batu).

Adapun untuk jalur pendakian via Tretes, merupakan jalur yang paling sering dilintasi oleh para pendaki. Di jalur ini terkenal dengan keganasan trek-nya yang memiliki kontur bebatuan. Kendati demikian, di jalur Tretes ini berlimpah sumber air. Sementara untuk estimasi pendakian melalui jalur ini akan memakan waktu kurang lebih 13 jam (Arjuno) dan 11 jam perjalanan (Welirang).

Sementara jalur pendakian via Tambaksari, biasa disebut oleh pendaki adalah jalur Purwosari. Jalur pendakian ini merupakan jalur favorit kedua setelah Tretes. Di jalur yang terbilang cukup panjang ini, pendaki akan menemui situs dan petilasan di sepanjang jalur. Untuk estimasi waktu perjalanan via Tambaksari ini memakan waktu kurang lebih 14 jam perjalanan.

Kemudian untuk jalur pendakian via Lawang, merupakan salah satu jalur terpendek dibandingkan jalur-jalur pendakian lainnya. Namun, di jalur ini pendaki akan lebih banyak terkuras tenaganya karena jalur ini memiliki tanjakan yang cukup curam serta sumber mata air di jalur ini terbilang susah, jadi pendaki disarankan untuk membawa persediaan air lebih banyak di tas carrier-nya.

Di jalur via Lawang ini, pendaki akan disuguhkan oleh pemandangan sabana, dan untuk estimasi waktu perjalanannya kurang lebih 11 jam.

Sedangkan jalur pendakian via Sumber Brantas, merupakan jalur pendakian terpendek menuju ke Gunung Welirang, dan jika melalui jalur ini, pendaki akan mendapatkan bonus berupa puncak-puncak gunung, seperti puncak Gunung Kembar 1 dan 2.

Sama halnya dengan via Lawang, di jalur pendakian ini sumber mata air terbilang langka, jadi disarankan juga untuk membawa persediaan air mineral lebih banyak. Untuk estimasi waktu pendakian, kurang lebih akan menghabiskan waktu perjalanan 12 jam. (MC/RL)

Foto: dok. Instagram/adisucipto45.clothing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.