0

1 Maret 2020, Jalur Pendakian Gunung Arjuno – Welirang Kembali Dibuka

(Mounture.com) — Usai ditutup pada 2 Januari 2020 karena cuaca ekstrim, Unit Pelaksana Teknis Taman Hutan Raya (UPT Tahura) Raden Soerjo mengumumkan akan kembali membuka jalur pendakian Gunung Arjuno dan Gunung Welirang mulai tanggal 1 Maret 2020 pukul 00.00 WIB.

Adapun pembukaan jalur pendakian Gunung Arjuno – Welirang ini berdasarkan surat edaran bernomor 522/S/123.7/2020 tertanggal 26 Februari 2020 yang ditandatangani oleh Kepala UPT Tahura Raden Soerjo, Ahmad Wahyudi.

Dalam surat edaran itu dijelaskan bahwa berdasarkan hasil evaluasi di lapangan dan pertimbangan bahwa pendakian Gunung Arjuno – Welirang merupakan salah satu tujuan pendakian yang ramai diminati akan kekayaan alam dan budayanya, maka ditetapkan terhitung mulai 1 Maret 2020 pukul 00.00 WIB kegiatan pendakian ke Gunung Arjuno – Welirang dibuka kembali.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa pembukaan jalur pendakian itu memiliki ketentuan, yaitu pertama adalah apabila cuaca kurang mendukung pendaki diharuskan segera turun dan berlindung di tempat yang aman.

Kemudian, ketentuan kedua, yaitu jalur resmi pendakian Gunung Arjuno dan Gunung Welirang melalui pos perizinan di 4 lokasi, yakni Pos pendakian Sumberbrantas di Desa Sumberbrantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu, Pos Pendakian Lawang di Desa Wonorejo Kecamatan Lawang Kabupaten Malang, Pos Pendakian Tambaksari di Desa Tambaksari Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan dan Pos Pendakian Tretes di Kelurahan Pecalukan Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan.

Sedangkan ketentuan ketiga, yaitu melakukan registrasi online melalui website resmi http://sipenerang.tahuraradensoerjo.or.id/ dan keempat, pihak UPT Tahura Raden Soerjo meminta pendaki untuk melihat ketentuan dan syarat pendakian lebih lanjut melalui website resmi Tahura Raden Soerjo. (MC/RIL)

Foto: dok. http://tahuraradensoerjo.or.id/