0

Estimasi Waktu Mendaki Gunung Salak via Cidahu

(Mounture.com) — Gunung Salak yang berada di wilayah Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor, Jawa Barat merupakan salah satu gunung yang dikenal dengan jalurnya yang cukup menantang dan ekstrim. Gunung yang memiliki ketinggian 2.211 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini memiliki 2 jalur pendakian resmi yaitu via Cidahu, Sukabumi dan Pasirengit, Bogor.

Nah, kali ini mounture.com akan membahas mengenai estimasi mendaki Gunung Salak via Cidahu, Sukabumi seperti dilansir dari akun instagram @gnsalak2211. Untuk mendaki melalui jalur Cidahu ini, pendaki memiliki estimasi waktu 7-8 jam perjalanan. Perjalanan menuju ke puncak Salak, dimulai dari Pos Registrasi Cidahu (Resort PTNW Kawah Ratu) Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS).

Dari Pos Regis menuju ke gerbang pendakian ditempuh selama kurang lebih 30 menit perjalanan, kemudian dilanjutkan dari gerbang pendakian ke simpang bahjuri yang bisa ditempuh 1 jam perjalanan.

Selanjutnya, dari Simpang Bahjuri menuju ke area camp HM 24 selama 3 jam perjalanan, lalu dari Area Camp ke Puncak Bayangan selama 2,5 jam. Dan dari Puncak Bayangan ke Puncak Salak 2.211 mdpl ditempuh selama 1,5 jam perjalanan. Sementara jika ingin menuju ke Kawah Ratu dari Simpang Bahjuri bisa ditempuh selama 1 jam perjalanan.

Perlu diketahui, sumber air terakhir menuju ke puncak hanya ada di Simpang Bahjuri. Selain itu pastikan juga kondisi kalian saat melakukan pendakian ke Gunung Salak dalam kondisi sehat, juga kalian wajib untuk registrasi dan Simaksi dengan membawa fotokopi identitas berupa KTP/SIM/Kartu Pelajar.

Jangan lupa juga untuk membawa surat keterangan Sehat dan bawa kembali sampahnya turun, jangan meninggalkan sampah karena gunung bukan tempat sampah. (MC/PC)

Sumber dan Foto: Instagram/@gnsalak2211