0

Estimasi Waktu Mendaki Gunung Arjuno via Tretes

(Mounture.com) — Memiliki ketinggian 3.339 meter di atas permukaan laut (mdpl), Gunung Arjuno merupakan gunung tertinggi ketiga di Jawa Timur setelah Gunung Semeru dan Gunung Raung. Gunung ini memiliki 4 jalur pendakian yaitu Lawang, Purwosari, Tretes dan Batu.

Bagi sebagian pendaki, Gunung Arjuno dikenal dengan trek yang cukup melelahkan. Terlebih jika melalui jalur pendakian via Tretes yang terkenal dengan tanjakan Asu.

Tanjakan Asu, jalur pendakian Gunung Arjuno via Tretes (Instagram/@dewiaps17)

Nah, bagi kalian yang tertarik untuk mencoba Tanjakan Asu, berikut ini mounture.com rangkum estimasi waktu untuk mendaki ke Gunung Arjuno via Tretes seperti dikutip dari Instagram @dewiaps17 yang belum lama ini melakukan perjalanan ke Gunung yang masuk ke dalam kawasan Taman Hutan Raya Raden Soerjo.

Puncak Gunung Arjuno (Instagram/@dewiaps17)

Untuk estimasi waktu perjalanan dari Basecamp menuju ke Puncak ditempuh kurang lebih 12 jam perjalanan, dengan rincian sebagai berikut:

– Pos perijinan ke basecamp ditempuh kurang lebih 30-45 menit.
– Basecamp – Kop Kopan ditempuh selama 2,5 – 3 jam.
– Kop kopan – Pondokan ditempuh dengan waktu 4,5 jam.
– Pondokan – Lembah Kidang 2 ditempuh selama 40 menit.
– Lembah kidang 2 – Puncak ogal agil ditempuh 4 jam.

Adapun estimasi waktu tempuh ini bisa beragam, tergantung kondisi fisik dan mental kalian selama dalam pendakian. Sementara untuk sumber air di gunung ini ada di 3 titik yaitu Kop Kopan, Pondokan dan Lembah Kidang 2. (MC/DC)

Sumber dan Foto: Instagram/@dewiaps17