Estimasi Waktu Mendaki Gunung Lawu via Singolangu

(Mounture.com) — Gunung Lawu yang terletak di antara 3 kabupaten, yaitu Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kabupaten Ngawi, dan Kabupaten Magetan, Jawa Timur memiliki beberapa jalur pendakian. Salah satunya adalah melalui jalur pendakian Singolangu atau biasa disebut jalur Klasik.

Jalur pendakian yang berada di Desa Singolangu Kelurahan Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur ini baru dibuka lagi pada Mei 2019 lalu setelah ditutup selama hampir 32 tahun. Namun, untuk mendaki melalui jalur ini, para pendaki akan dibatasi jam pendakian ke puncak.

dok. http://roselaranawira.blogspot.com

Salah satu penjaga pintu pendakian jalur Klasik Singolangu, Sumarlan, menuturkan bahwa pengelola membatasi jam pendakian hingga pukul 17:00 WIB. Sebab, kata dia, jalur pendakian dari pintu masuk pendakian hingga pos 3 masih merupakan hutan perawan.

“Dari sini sampai Jumblang Gludeg atau Pos 3 itu jam 10 pagi sinar matahari tidak tembus karena hutannya masih rapat,” ujarnya seperti dikutip dari Kompas.com.

dok. http://roselaranawira.blogspot.com

Uniknya, jalur pendakian melalui Singolangu ini pendaki akan disajikan pemandangan indah dan juga beberapa petilasan, pasalnya jalur ini dipercaya sebagai jalur yang digunakan Raja Brawijaya setiap kali naik ke Gunung Lawu.

Berikut ini estimasi waktu mendaki Gunung Lawu via Singolangu yang dirangkum dari beberapa sumber.
– Basecamp – Pos 1 (Kerun-Kerun) = 60 menit
– Pos 1 – Pos 2 (Banyu Urip) = 60 menit
– Pos 2- Pos 3 (Jumblang Gludek) = 90menit
– Pos 3 – Pos 4 (Taman Edelweiss) = 1 jam 45 menit
– Pos 4 – Pos 5 (Paninggalan) = 2 jam
– Pos 5 -Puncak Hargo Dumilah = 45 menit
– Hargo Dumilah – Hargo Dalem = 30 menit.

Total waktu perjalanan jika melalui jalur pendakian ini sekitar 7-9 jam, namun itu tergantung dari fisik dan mental masing-masing. Adapun estimasi waktu ini hanya sebuah gambaran dan hanya untuk dijadikan patokan, karena fisik dan mental pendaki berbeda-beda.

Dan bagi kalian yang berminat untuk mendaki ke Gunung Lawu melalui jalur pendakian Klasik Singolangu, kalian bisa menghubungi pihak basecamp untuk informasi lebih lanjut di nomor 082141817515 atau akun instagram @lawuviasingolangu. (MC/PC)

Foto: Instagram/@khaairuulll

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.