0

TWA Kawah Ijen Kebakaran, Jalur Pendakian Ditutup Sementara

  • 21 Oktober 2019 12:22

(Mounture.com) — Kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen di kawasan Banyuwangi, Jawa Timur, ditutup sementara untuk kunjungan maupun pendakian setelah terjadinya kebakaran lahan di Gunung Ranti yang berada di kawasan pegunungan sejak Sabtu petang, 19 Oktober 2019.

“Kawasan TWA Kawah Ijen yang terletak di Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, telah terjadi kebakaran. Dalam rangka meminimalisir dampak resiko pengunjung maka dilakukan penutupan kegiatan pendakian TWA Kawah Ijen mulai tanggal 20 Oktober 2019 sampai batas waktu yang belum ditentukan,” kata Kepala Balai Besar Nandang Prihadi dalam surat edarannya, Minggu, 20 Oktober 2019.

Sementara mengutip dari kantor berita Antara, Kebid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi Eka Muharram, mengungkapkan bahwa penutupan kunjungan dan pendakian di TWA Ijen adalah kewenangan BKSDA, tapi ini hasil koordinasi dengan Forum Pimpinan Kecamatan Licin, Banyuwangi dan BPBD serta BKSDA.

“Jadi sementara ditutup, karena khawatir kebakaran kembali terjadi,” katanya seperti dikutip dari Antaranews.com, Minggu malam, 20 Oktober 2019.

“Pemkab mengerahkan mobil pemadam kebakaran untuk melakukan penyemprotan di sejumlah titik. Sejumlah jalur kami siram air agar kebakaran tidak merembet. Fungsinya memang untuk membasahi agar kebakaran tidak meluas,” ujarnya.

Menurut dia, kebakaran yang terjadi sejak Sabtu petang terus meluas karena angin sangat kencang. Akibatnya kebakaran tak hanya terjadi di Gunung Ranti, tapi juga kawasan Hutan Merapi Ungup-ungup. Kebakaran terjadi di jalur pendakian Gunung Ranti sisi sebelah barat, sehingga terlihat jelas dari kawasan rest area Gunung Ranti maupun Paltuding Ijen.

Lebih lanjut dia mengatakan, penutupan pendakian Gunung Ijen dan Gunung Ranti yang bersebelahan dengan Gunung Ijen dilakukan mulai di kawasan rest area Jambu. (MC/RL)

https://www.instagram.com/p/B314U5fnr5i/