TN Gunung Rinjani Rutin Patroli Virtual via CCTV

Hasil gambar dari CCTV milik TN Gunung Rinjani

Mounture.com — Di tengah pandemi Covid-19, pemanfaatan teknologi sangatlah penting demi menekan penyebaran virus. Selain itu, perkembangan teknologi yang kian pesat juga mengharuskan berbagai lini kehidupan untuk bisa beradaptasi agar tidak tergerus zaman.

Hal itu pula dilakukan oleh Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) yang memanfaatkan teknologi untuk memudahkan semua jenis kegiatan. Salah satunya patroli yang dilakukan secara virtual melalui Camera Closed-Circuit Television (CCTV) dengan RMS (Remote Monitoring System).

Patroli yang dilakukan TNGR melalui CCTV dengan RMS ini dilakukan di beberapa titik di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Di mana hasil dari CCTV itu bisa dilihat secara langsung atau real time mulai dari situasi hingga kondisi yang ada di dalam kawasan.

TNGR melalui akun instagram resminya (@gunungrinjani_nationalpark), menjelaskan bahwa dengan adanya CCTV yang dipasang di berbagai titik di kawasan TN Gunung Rinjani dapat memperlihatkan secara langsung (realtime) situasi dan kondisi yang ada di dalam kawasan.

“Patroli secara virtual menggunakan CCTV juga lebih mudah dilakukan sebagai media untuk memantau pendakian illegal di TN Gunung Rinjani di masa penutupan jalur pendakian,” tulis akun instagram @gunungrinjani_nationalpark.

Dalam postingannya di akun instagram TNGR, tampak suasana dan kondisi secara langsung Danau Segara Anak pada Kamis, 11 Februari 2021.

Dalam video tersebut terpantau bahwa terjadi peningkatan debit aliran air terjun yang berasal dari luapan air Danau Segara Anak di Rinjani dibandingkan dengan debit air terjun sebelumnya yang terekam pada minggu lalu.

“Meningkatnya luapan permukaan air danau Segara Anak disebabkan oleh tingginya curah hujan di kawasan TN Gunung Rinjani,” tulis akun TNGR. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.