0

Terjadi Kebakaran Hutan, TN Gunung Rinjani Berhasilkan Padamkan

Foto: dok. TNGR

Mounture.comTaman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) berhasil memadamkan kebakaran hutan yang terjadi di kawasan TN Gunung Rinjani pada Rabu, 22 Juni 2022.

Kebakaran tersebut terjadi di dalam kawasan hutan TNGR Petung Desa Sembalun Timba Gading sekitar pukul 13.15, dan berhasil dipadamkan pada pukul 15.30 WITA.

Melalui keterangannya di akun instagram resmi TNGR (@btn_gn_rinjani), dijelaskan bahwa berawal dari laporan masyarakat kepada petugas terkait adanya kebakaran hutan di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani telah dilakukan pemadaman karhutla (kebakaran hutan dan lahan) oleh petugas TNGR dan MPA.

“Sekitar pukul 13.15 – 15.30 WITA telah dilakukan pemadaman karhutla (kebakaran hutan dan lahan) oleh petugas TNGR dan MPA,” tulis akun tersebut.

Baca juga: TN Gunung Rinjani Rilis Data Kecelakaan Pengunjung selama Periode 2017-2021

Dijelaskan pula bahwa jenis vegetasi yang terbakar diantaranya rumput, alang-alang, semak, perdu dan dedaunan kering dengan perkiraan luas lahan yan terbakar sekitar 3,4 hektare.

Foto: dok. TNGR

“Kondisi vegetasi yang mudah terbakar, topografi areal yang cenderung terjal dan curam, serta kurangnya ketersediaan sumber air di lokasi kebakaran menyebabkan petugas sedikit terkendala dalam pemadaman api, ditambah kecepatan angin yang relatif tinggi menyebabkan kebakaran meluas dengan cepat,” ungkap TNGR.

“Pada pukul 15.30 WITA api dapat dinyatakan padam,” tutup TNGR. (MC/RIL)