0

Kebakaran Hutan, Gunung Merbabu Ditutup Sementara

  • 12 September 2019 19:08

(Mounture.com) — Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGMb) mengumumkan menutup semua jalur pendakian ke Gunung Merbabu mulai Kamis, 12 September 2019 hingga batas waktu yang belum ditentukan. Adapun penutupan jalur pendakian tersebut dilakukan karena adanya kebakaran hutan yang melanda kawasan TNGMb.

Dalam surat edaran bernomor SE.417/T.35/TU/EVLAP/2019 yang ditandatangani oleh Kepala Balai Junita Parjanti tertanggal 12 September 2019 terdapat dua poin yang disampaikan, diantaranya poin satu, memperhatikan keadaan saat ini di mana terjadi kebakaran hutan di kawasan TNBMb, serta memperhatikan aspek keselamatan pendaki, maka seluruh jalur pendakian TNGMb ditutup sementara mulai tanggal 12 September 2019 sampai dengan waktu yang belum ditentukan (sampai kondisi memungkinkan).

Sementara poin kedua, dijelaskan bahwa sehubungan dengan hal tersebut, kepada seluruh pegawai Balai TNGMb dan semua mitra pengelola pendakian diminta untuk mensosialisasikan surat edaran ini, dan kepada seluruh pendaki agar dapat mematuhinya.

“Karena adanya kebakaran hutan di kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu, dan memperhatikan aspek keselamatan pendaki, terhitung mulai hari ini tanggal 12 September 2019 sampai dengan waktu yang belum ditentukan, seluruh jalur pendakian Kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu DITUTUP,” tulis akun instagram @tngunungmerbabu_official, Kamis, 12 September 2019.

Sebagai informasi, kawasan Gunung Merbabu mengalami kebakaran hutan pada Selasa, 10 September 2019 yang terjadi di wilayah Resort Pakis, dan di wilayah Dusun Tumut, Desa Jrakah, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali.

Kemudian, kebakaran hutan pun kembali terjadi pada Kamis, 12 September 2019 pagi yang melanda wilayah Gunung Merbabu sisi Barat Daya. Hingga berita ini diturunkan belum ada informasi detail mengenai luas area terdampak dan juga situasi terkini di lokasi kejadian. (MC/RL)

Foto: dok. TNGMb