0

Jalur Pendakian Sembalun Ditutup Setiap Jumat

(Mounture.com) — Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) mengumumkan akan memberlakukan penutupan jalur pendakian Sembalun setiap hari Jumat. Hal ini berdasarkan surat edaran BTNGR bernomor PG.782/T.39/TU/KSA/6/2019 yang ditandatangani oleh Kepala Balai Sudiyono.

Dalam surat tersebut, dijelaskan bahwa penutupan jalur pendakian setiap hari Jumat tersebut merupakan permintaan masyarakat dan tokoh masyarakat Sembalun untuk tidak melakukan pendakian ke Gunung Rinjani.

Adapun poin pertama dalam surat edaran tersebut, menyebutkan bahwa setiap hari Jumat jalur pendakian Sembalun ditutup. Kemudian poin kedua, bagi wisatawan yang ingin melakukan pendakian pada hari tersebut disarankan untuk dapat memilih jalur pendakian lain seperti jalur pendakian Senaru, Timbanuh dan Aikberik.

Sebelumnya diberitakan, BTNGR resmi membuka kembali 4 jalur pendakian resmi Gunung Rinjani pada 14 Juni 2019 kemarin. Pada masing-masing jalur pendakian diberlakukan sistem kuota dengan rincian jalur pendakian Senaru dan Sembalun sebanyak 150 per hari, Timbanuh dan Aik Berik masing-masing sebanyak 100 per hari.

Adapun sistem pendakiannya, Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) memberlakukan sistem online di mana pengunjung harus melakukan booking dan pembayaran melalui aplikasi eRinjani yang dapat di unduh di Playstore maupun di website erinjani.id. (MC/PC)