Gunakan 4 Teknik Ini Untuk Bertahan di Cuaca Dingin

(Mounture.com) — Aktivitas mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan yang terbilang ekstrim. Oleh karena itu berbagai persiapan dan juga pengetahuan mengenai pendakian sangatlah diperlukan sebelum melakoni kegiatan tersebut.

Salah satunya adalah teknik bertahan di cuaca dingin agar tubuh tetap hangat kendati cuaca di gunung yang terbilang dingin. Berikut ini 4 prinsip dasar yang perlu diketahui untuk bertahan di cuaca dingin, khususnya saat mendaki gunung seperti dikutip dari beberapa sumber.

1. Jaga pakaian tetap bersih.

Prinsip ini selalu penting untuk sanitasi dan kenyamanan, juga penting dari sudut kehangatan. Pakaian kusut dengan kotoran dan lemak kehilangan banyak nilai insulasi dari pakaian tersebut. Panas dapat terlepas lebih mudah dari tubuh melalui kotoran dan noda.

2. Kelebihan Panas.

Ketika kita mendapatkan panas berlebihan, kita berkeringat dan pakaian akan menyerap kelembaban. Hal ini mempengaruhi kehangatan Anda dalam dua cara, yaitu kelembaban menurunkan kualitas isolasi pakaian, dan keringat menguap, tubuh akan mendingin. Sesuaikan pakaian sehingga tidak terlampau berkeringat.

3. Gunakan pakaian sedikit longgar dan berlapis.

Mengenakan pakaian ketat dan alas kaki membatasi sirkulasi darah dan dapat mengakibatkan cedera. Hal ini juga mengurangi volume udara yang terjebak antara lapisan, mengurangi nilai isolasinya.

Beberapa lapis pakaian ringan lebih baik dari satu lapisan sama tebal pakaian, karena lapisan memiliki ruang mati-udara di antara lapisan. Ruang mati-udara menyediakan isolasi ekstra, lapisan pakaian memungkinkan untuk mengambil atau menambahkan lapisan pakaian untuk mencegah keringat berlebihan atau untuk meningkatkan kehangatan.

4. Pakaian harus tetap kering.

Pada suhu dingin, pastikan pakaian selalu dalam keadaan kering, pakaian yang kering menjadikan tubuh kita hangat, lapisi dengan jaket atau lapisan pakaian lain jika tubuh merasa dingin. Lakukan dengan mempertimbangkan suhu dingin dan jenis lapisan pakaiannya. (MC/RL)

Foto: dok. Sehatdaily.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.