Buka Kembali, Ini Tarif Masuk Gunung Rinjani

(Mounture.com) — Pendakian Gunung Rinjani kembali dibuka mulai 14 Juni 2019, pasca gempa yang terjadi pada Juli 2018 jalur pendakian Gunung Rinjani sempat di buka pada bulan November 2018 namun hanya satu jalur pendakian melalui jalur Aikberik. Pembukaan jalur pendakian tahun 2019 ini dibuka untuk semua jalur resmi yaitu Jalur Sembalun, Senaru, Timbanuh dan Aikberik.

Pada masing-masing jalur pendakian diberlakukan sistem kuota dengan rincian jalur pendakian Senaru dan Sembalun sebanyak 150 per hari, Timbanuh dan Aik Berik masing-masing sebanyak 100 per hari. Selain itu, mempertimbangkan kearifan lokal khusus untuk jalur Sembalun tiap hari Jumat, jalur pendakian ditutup.

Adapun sistem pendakiannya, Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) memberlakukan sistem online di mana pengunjung harus melakukan booking dan pembayaran melalui aplikasi eRinjani yang dapat di unduh di Playstore maupun di website erinjani.id.

Sementara untuk tiket masuk, TNGR membanderol dengan tarif wisatawan lokal Rp5.000 per hari untuk hari biasa dan Rp7.500 per hari untuk hari libur. Sedangkan untuk wisatawan asing Rp150.000 per hari untuk hari biasa dan Rp250.000 per hari untuk hari libur.

Dalam keterangan resminya, pihak Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), mengatakan bahwa pembukaan pendakian Gunung Rinjani telah melalui berbagai pertimbangan, terutama keamanan dan kenyamanan.

“Selain itu juga memperhatikan faktor ekonomi masyarakat di sekitar gunung tersebut. Mereka menggantungkan hidup sebagai penyedia jasa bagi pengunjung di jalur pendakian. Namun yang perlu diperhatikan oleh pendaki, pendakian ke Gunung Rinjani saat ini hanya diizinkan sampai ke Pelawangan,” kata pihak TNGR dalam keterangan resmi di Mataram, baru-baru ini. (MC/PC)

Foto: dok. Instagram/@mujahid_marten