0

Ini Gunung di Indonesia yang Berstatus Siaga dan Waspada

  • 25 Januari 2021 07:05

Guguran lava dari Gunung Semeru pada Minggu, 29 November 2020 (dok. TNBTS)

Mounture.com — Belakangan ini, beberapa gunung di Indonesia mengalami peningkatan aktivitas vulkanik. Bahkan, diantara gunung-gunung yang mengalami peningkatan aktivitas itu ada yang mengalami erupsi yang membuat masyarakat di sekitar perlu meningkatkan kewaspadaannya.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), menyebutkan bahwa ada empat kriteria gunungapi yang ada di Indonesia, yaitu normal, waspada, siaga dan awas.

Tercatat, gunung di Indonesia yang saat ini berada dalam tingkat status siaga (level III) diantaranya Gunung Sinabung di Sumatera Utara, Gunung Merapi di Yogyakarta, Gunung Ili Lewotolok di Pulau Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Gunung Karangetang di Sulawesi Utara.

Melansir laman Magma Indonesia, dijelaskan bahwa gunung dengan status waspada (level II) menandakan gunungapi terjadi peningkatan aktivitas vulkanik yang bisa diamati secara jelas baik visual maupun kegempaan.

Sementara untuk gunung dengan status siaga, yaitu terjadi peningkatan aktivitas vulkanik secara signfikan serta letusan kemungkinan besar terjadi.

Berikut ini daftar beberapa gunung di Indonesia yang memiliki status siaga (level II) dan waspada (level III) yang dilansir dari laman Magma Indonesia.

Status Siaga (Level III):

– Gunung Sinabung
– Gunung Merapi
– Gunung Ili Lewotolok
– Gunung Karangetang

Status Waspada (Level II):

– Gunung Marapi
– Gunung Kerinci
– Gunung Anak Krakatau
– Gunung Bromo
– Gunung Semeru
– Gunung Raung
– Gunung Agung
– Gunung Rinjani
– Gunung Sangeangapi
– Gunung Rokatenda
– Gunung Banda Api
– Gunung Soputan
– Gunung Lokon
– Gunung Gamalama
– Gunung Gamkonora
– Gunung Ibu
– Gunung Dukono. (MC/PC)