0

Menikmati Pesona Gunung Bromo di Bukit Kayangan

  • 11 September 2019 07:45

(Mounture.com) — Objek wisata Gunung Bromo merupakan salah satu destinasi favorit yang ada di Indonesia. Tak heran jika Gunung Bromo selalu mengalami peningkatan jumlah pengunjung di setiap tahunnya.

Adapun pengunjung wisata Gunung Bromo biasanya mengunjungi gunung dengan ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu untuk menikmati pesona alam berupa panorama matahari terbit (sunrise) maupun matahari tenggelam (sunset).

Untuk menikmati panorama tersebut, pengunjung pun bisa melakukannya di beberapa titik atau biasa disebut view point diantaranya Bukit Cinta, Bukit Kingkong dan Gunung Penanjakan yang mana ketika musim liburan tiba, lokasi-lokasi tersebut ramai pengunjung.

Diantara lokasi-lokasi tersebut, ternyata ada lokasi lain yang juga tidak kalah menyajikan pemandangan panorama keindahan Gunung Bromo, yaitu Bukit Kayangan. Dari view point Bukit Kayangan ini, pengunjung dapat menyaksikan kemunculan matahari dari celah Gunung Bromo dan Gunung Batok di arah timur.

Sementara dari sisi selatannya, pengunjung dapat melihat Puncak Mahameru (Gunung Semeru), dari arah barat, dapat menyaksikan matahari tenggelam dengan latar belakang pemandangan Kota Malang dan kota Surabaya, sedangkan dari arah utara, pengunjung dapat menikmati indahnya garis pantai Bangkalan.

Dengan potensi panorama yang menawan ini, beberapa tour leaders dan rombongan pun mulai menjadikan Bukit Kayangan ini menjadi tempat favorit untuk menikmati matahari terbit, bahkan di lokasi ini pun ada yang menjadikannya sebagai tempat berkemah.

Kepala Resort PTN Coban Trisula Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS), Bambang Rudianto, mengungkapkan bahwa pada awal Agustus 2019 kemarin, ada sebanyak 35 orang yang terdiri dari warga Desa Ngadas bersama pelaku jasa wisata TNBTS (Paguyuban Jeep Tumpang-Malang, Paguyuban Asongan, dan Paguyuban Kuda) berantusias membuka alternatif view point Bukit Kayangan.

“Mereka dengan penuh semangat melakukan kerja bakti membersihkan jalur jalan ini (Bukit Kayangan). Harapan dengan adanya Bukit Kayangan, pengunjung dapat diarahkan menikmati sisi lain pesona Bromo di tempat itu,” ungkapnya seperti dikutip dari laman bromotenggersemeru.org, baru-baru ini. (MC/RL)

Foto: bromotenggersemeru.org