0

Estimasi Waktu Mendaki Gunung Marapi Sumatera Barat

(Mounture.com) — Gunung Marapi yang terletak diantara Kabupaten Agam, Kotamadya Padang Panjang, dan Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat merupakan salah satu gunung aktif di Pulau Sumatera.

Gunung ini memiliki ketinggian 2.891 meter di atas permukaan laut (mdpl). Kendati tidak setenar dengan Gunung Merapi yang ada di Jawa Tengah, namun gunung ini juga menawarkan keindahan alam yang luar biasa loh.

Untuk bisa mendaki ke gunung ini, calon pendaki bisa melalui jalur pendakian melalui jalur Koto Baru. Dari pasar Koto Baru menuju ke basecamp pendakian, pendaki bisa menyewa kendaraan angkutan pedesaan atau dengan berjalan kaki. Jika berjalan kaki, kalian akan menempuh waktu perjalanan kurang lebih 50 menit.

Berikut ini estimasi waktu mendaki gunung Marapi Sumatera Barat melalui jalur Koto Baru.

– Basecamp – Pos 1 ditempuh dengan waktu kurang lebih 60 menit
– Pos 1 – Pos (4,5 jam)
– Pos 2- Pos 3 (2,5 jam)
– Pos 3 – Pos 4/Cadas (2 jam)
– Pos 4 – Pos 5/Tugu Abel (50 menit)
– Pos 5 – Puncak Merpati (45 menit)
– Puncak Merpati – Edelweis (30 menit).

Adapun estimasi waktu ini bisa berubah sesuai dengan kondisi fisik dan mental kalian saat melakukan pendakian, jadi estimasi ini hanyalah sebagai acuan untuk mempersiapkan segala hal mulai dari logistik, perlengkapan dan lainnya demi keamanan selama pendakian. Jangan lupa juga bawa kembali sampahnya turun kembali, karena gunung bukan tempat sampah. (MC/RL)

Foto: Instagram/@novertonang__