0

Gapura Ikonik di Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango via Putri Roboh

Gapura Ikonik yang ada di jalur pendakian Gunung Gede Pangrango via Putri terlihat roboh akibat gempa bumi (IST)

Mounture.com — Gempa bumi skala magnitudo (M) 5,6 melanda Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin, 21 November 2022. Gempa yang diduga terjadi akibat pergerakan Sesar Cimandiri itu terasa sampai ke Jakarta dan sekitarnya.

Adapun efek gempa tersebut membuat sejumlah bangunan hancur, salah satunya gapura selamat datang yang ada di Pintu Rimba jalur pendakian Gunung Gede Pangrango via Putri yang roboh.

BACA JUGA: Fakta Seputar Jalur Pendakian Gunung Gede via Putri

Dari video yang beredar luas di media sosial, pada Senin, 21 November 2022 petang, terlihat bahwa gapura ikonik yang sudah usang dengan balutan lumut di sekitarnya terpantau roboh.

Adapun Gapura Selamat Datang atau biasa disebut pintu rimba yang ada di jalur pendakian Gunung Gede Pangrango via Putri itu terletak di Pos 1 (Legok Leunca). Perjalanan dari basecamp ke Pos 1 ini bisa ditempuh sekitar satu jam perjalanan.

Di awali dengan melintasi perkebunan warga, kemudian masuk ke area hutan. Sebelum masuk ke Pos 1, pendaki akan menemui gapura bertuliskan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Gapura ini sekaligus menjadi penanda bahwa pendaki akan mulai memasuki kawasan hutan. (MC/LS)