0

Fakta Seputar Jalur Pendakian Gunung Gede via Putri

  • 6 September 2022 07:09

Alun-alun Suryakencana, Gunung Gede (Mounture.com/DenChito)

Mounture.com — Gunung Gede yang berada di Cianjur, Jawa Barat merupakan salah satu destinasi pendakian favoritnya para pendaki. Hal ini dikarenakan gunung ini memiliki kemudahan akses untuk menuju ke basecamp.

Setidaknya ada tiga jalur pendakian yang bisa dilintasi oleh pendaki, salah satunya ialah jalur pendakian via Putri. Jalur pendakian ini merupakan salah satu jalur resmi yang bisa dilalui oleh pendaki selain via Cibodas, dan Selabintana.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa fakta seputar jalur pendakian Gunung Gede via Putri.

1. Lebih cepat

Jalur pendakian Gunung Gede via Putri merupakan salah satu jalur yang terbilang lebih cepat untuk menuju ke Alun-alun Surya Kencana, jika dibandingkan dengan jalur lainnya.

Untuk mencapai ke Alun-alun Surya Kencana dari basecamp Putri, pendaki akan menempuh perjalanan sekitar enam hingga tujuh jam perjalanan.

BACA JUGA: Estimasi Waktu Pendakian Gunung Gede via Putri

2. Jalur menuju ke Alun-alun Surya Kencana

Jika hanya ingin menuju ke Alun-alun Surya Kencana, jalur via Putri ini merupakan pilihan yang tepat. Sebab, melalui jalur pendakian via Putri, pendaki akan langsung bertemu dengan Alun-alun Surya Kencana bagian Timur. Apabila ingin menuju ke Puncak Gunung Gede, disarankan untuk melakukan camp di Alun-alun bagian Barat.

3. Lebih menantang

Meskipun waktu tempuhnya lebih cepat jika dibandingkan jalur pendakian lain, namun jalur via Putri terbilang lebih menantang. Sebab, jalur pendakian ini cenderung memiliki tanjakan curam dan sedikit bonus alias jalan landai.

Jadi jika ingin melintasi jalur pendakian ini, maka pendaki diharuskan mempersiapkan fisiknya dengan baik. (MC/LS)