0

Rekomendasi Lokasi Camping Dekat Jakarta

Ilustrasi Camping (dok. Instagram/@rudiansyahachmad08)

Mounture.com — Menjelang akhir tahun, pastinya sebagian orang telah merencanakan untuk melakukan liburan. Beragam destinasi wisata banyak tersaji yang membuat wisatawan bingung dalam menentukan pilihan, entah mengenai lokasi, waktu tempuh hingga wisata apa yang bisa dilakukan.

Berikut ini beberapa rekomendasi wisata alam yang cocok untuk camping yang ada di dekat Kota Jakarta.

1. Bumi Kepanduan Sentul (BKS)

Sentul jadi lokasi camping terdekat dari Ibu Kota Jakarta. Ada banyak tempat camping seru yang bisa kalian temukan di sana, salah satunya Bumi Kepanduan Sentul (BKS).

Tempat ini dinilai sebagai cikal bakal eduadventure camping ground yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan sarana adventure serta didukung oleh pemandu yang berpengalaman.

Di lokasi ini, kalian tidak hanya bisa berkemah, tetapi juga bisa sekalian menjajal olahraga outdoor seperti panahan dan outbound. Menariknya, kalian bisa berkemah atau camping sambil menikmati pemandangan Gunung Salak ditambah suasana sejuk hawa pegunungan yang bisa bikin betah camping di sini.

Selain itu, di BKS ini terdapat hutan kecil yang bisa dimanfaatkan juga sebagai area camping, di mana suasananya masih alami dan pastinya bakalan seru liburan bareng keluarga atau teman.

BACA JUGA: Rekomendasi Lokasi Seru untuk Campervan

2. Bumi Perkemahan Mandalawangi

Berlokasi di Cipanas, Bumi Perkemahan Mandalawangi terbilang cocok untuk kalian yang ingin liburan sembari menikmati sejuknya udara pegunungan. Bagaimana tidak, dengan kondisi geografis di dataran tinggi, lokasi ini relatif dingin.

Kalian juga bisa melakukan kemah sambil menikmati danau dan sungai yang bersih serta terdapat fasilitas outdoor seperti flying fox, lintas tali, perahu dayung, lintas danau, spider net, hingga paint ball.

BACA JUGA: Rekomendasi Gunung di Bogor untuk Pendaki Pemula

3. Gunung Geulis Camp Area (GGCA)

Lokasi ini terbilang cukup luas sekitar 8 hektare, yang menawarkan fasilitas camping yang sangat lengkap. Mulai dari area perkemahan, musholla, villa, cottage, kamar mandi yang bersih, hingga pendopo (aula) untuk kebutuhan gathering. Selain itu, ada pula venue outbound yang bisa dinikmati selama camping di sini.

4. Gunung Pancar

Di lokasi ini suasana pegunungan sangat terasa dan cocok untuk kalian yang ingin merasakan suasana sejuk. Selain berkemah, camping ground Gunung Pancar juga bisa dilakukan untuk berbagai aktivitas, seperti trekking, hiking hingga bersepeda untuk mengelilingi area Gunung Pancar.

Tak hanya itu, ada juga berbagai koleksi tanaman seperti rasamala, puspa, jamuju, saninten hingga rotan.

Menariknya, di lokasi ini kalian tak perlu repot-repot membawa tenda. Sebab, tempat ini sudah menyediakan tenda untuk para peserta camping.

5. Gunung Bunder

Terdapat di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Gunung Bunder menjadi salah satu lokasi favorit untuk liburan di alam bebas. Ada beberapa lokasi untuk berkemah terutama yang berdekatan dengan curug.

Mulai dari Curug Cihurang, Curug Cigamea, ataupun Curug Ngumpet. Tempat berkemah di sana juga di kelilingi pepohonan pinus. Jika berencana ke sana, sebaiknya persiapkan alat-alat camping agar memudahkan kebutuhan kalian nantinya. (MC/LS)