Kiat Nyaman Mendaki Gunung saat Musim Hujan

Ilustrasi (dok. kaskus.co.id/@pejalansantai)

Mounture.com — Saat musim hujan telah tiba, maka melakukan aktivitas mendaki gunung menjadi lebih berisiko tinggi dibandingkan dengan musim kemarau. Sebab, ketika musim hujan maka trek atau jalur pendakian menjadi lebih licin, terlebih dengan cuaca seperti angin dan petir yang membahayakan diri.

Untuk itu, disarankan kepada para pendaki yang akan melakukan pendakian ketika musim hujan untuk melakukan persiapan lebih ekstra dibandingkan dengan musim kemarau. Hal itu dimaksudkan agar pendaki bisa tetap menjaga keselamatan, keamanan hingga kenyamanan saat pendakian berlangsung.

Baca juga: Tips Mendaki Gunung saat Musim Hujan

Nah, berikut ini beberapa kiat mendaki gunung dengan nyaman saat musim hujan tiba.

1. Cek prakiraan cuaca

Sebelum melakukan pendakian sebaiknya pendaki melakukan pengecekan kondisi cuaca di wilayah gunung yang akan kalian akan kunjungi. Kalian bisa melakukan pengecekannya melalui berbagai aplikasi di ponsel, atau juga bisa berkunjung ke laman Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

2. Packing

Lakukan packing barang-barang yang akan dibawa dengan menggunakan pelapis anti air ataupun plastik sebelum dimasukkan ke tas carrier. Hal ini untuk mencegah barang-barang tersebut menjadi basah akibat hujan.

3. Cover bag

Jangan lupa untuk menggunakan cover bag, agar tas carrier kalian terlindung dari basah karena hujan. Selain itu, cover bag juga mencegah tas kalian menjadi kotor.

4. Pakaian ekstra

Saat mendaki gunung di musim hujan, sebaiknya pendaki membawa pakaian lebih banyak dibandingkan dengan biasanya. Hal ini untuk mencegah terjadinya hipotermia akibat pakaian basah, sebab jika pakaian ekstra, maka pendaki bisa mengganti pakaian basah dengan yang kering.

5. Gaiters

Gunakan gaiters untuk kondisi jalur pendakian yang basah untuk melindungi kaki agar tidak basah, dan juga melindungi kaki dari kedinginan akibat cipratan air.

6. Pakaian yang mudah kering

Gunakan kaos maupun celana yang memiliki bahan quick dry atau cepat kering untuk digunakan saat musim hujan. Selain ringan, pakaian jenis ini juga mudah kering sehingga mencegah kalian terkena hipotermia.

7. Flysheet dan jas hujan

Selain untuk melapisi tenda dome, flysheet juga bisa digunakan untuk sarana perlindungan dari air hujan saat berteduh. Selain itu, jas ujan juga memiliki peran penting untuk melindungi diri kalian dari kedinginan yang diakibatkan karena pakaian basah terkena hujan.

8. Buat parit saat mendirikan tenda

Gunanya untuk mencegah tenda kebanjiran karena lintasan air. Buatlah parit mengelilingi tenda, dan buat pembuangan air di parit tersebut ke arah menurun atau tidak ke arah tenda lainnya.

9. Hindari pohon besar

Sebisa mungkin untuk menghindari pohon besar saat beristirahat, agar terhindar dari sambaran petir hingga pohon tumbang.

10. Kain plas chamois

Kain lap ini bisa digunakan untuk mengeringkan tenda akibat air hujan maupun embun yang membasahi permukaan tenda.

11. Jangan nekat

Ketika cuaca di gunung mulai tidak kondusif, sebaiknya segera turun demi keselamatan kalian. (MC/PC)