Tips Mendaki Gunung saat Musim Hujan

Ilustrasi pendaki gunung (Mounture.com/DenChito)

Mounture.com — Memasuki musim hujan, kegiatan di luar ruang (outdoor) khususnya mendaki gunung menjadi aktivitas yang memiliki risiko yang tinggi. Sebab, mendaki saat musim hujan sangat berbeda dengan musim kemarau, baik medan, situasi ataupun kondisinya.

Saat melakukan pendakian ke gunung di musim hujan, pendaki disarankan untuk melakukan persiapan lebih ekstra dibandingkan biasanya. Gunanya untuk tetap menjaga keselamatan, keamanan maupun kenyamanan selama pendakian.

Berikut ini beberapa tips mendaki gunung saat musim hujan seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Cek prakiraan cuaca

Sebelum melakukan pendakian sebaiknya kalian melakukan pengecekan kondisi cuaca di wilayah gunung yang akan kalian akan daki. Kalian bisa melakukan pengecekannya melalui berbagai aplikasi di ponsel, atau juga bisa berkunjung ke website Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

2. Lakukan penyimpanan barang dengan dry bag

Gunanya untuk menjaga barang bawaan kalian agar tetap kering mesti terkena hujan di sepanjang jalur pendakian.

3. Gunakan cover bag

Jangan lupa untuk menggunakan cover bag, agar tas carriel kalian terlindung dari basah karena hujan. Selain itu, cover bag juga mencegah tas kalian menjadi kotor.

4. Gunakan gaiters

Gaiters cocok digunakan untuk kondisi jalur pendakian yang basah untuk melindungi kaki agar tidak basah, dan juga melindungi kaki dari kedinginan akibat cipratan air.

5. Gunakan pakaian yang mudah kering

Kaos maupun celana yang memiliki bahan quick dry atau cepat kering bisa menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan saat musim hujan. Selain ringan, pakaian jenis ini juga mudah kering sehingga mencegah kalian terkena hipotermia.

6. Bawa flysheet

Selain untuk melapisi tenda dome, flysheet juga bisa digunakan untuk sarana perlindungan dari air hujan saat berteduh.

7. Bawa jas ujan

Jas hujan bisa kalian pakai saat hujan rintik hingga deras, agar kalian terlindungi, serta mencegah terkena hipotermia akibat kedinginan yang diakibatkan karena pakaian basah terkena hujan.

8. Buat parit saat mendirikan tenda

Gunanya untuk mencegah tenda kebanjiran karena lintasan air. Buatlah parit mengelilingi tenda, dan buat pembuangan air di parit tersebut ke arah menurun atau tidak ke arah tenda lainnya.

9. Bawa kain plas chamois

Kain lap ini bisa digunakan untuk mengeringkan tenda akibat air hujan maupun embun yang membasahi permukaan tenda.

10. Jangan nekat

Ketika cuaca di gunung mulai tidak kondusif, sebaiknya segera turun demi keselamatan kalian. (MC/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.