Tips Minta Izin Mendaki Gunung ke Orang Tua

(Mounture.com) — Kegiatan mendaki gunung merupakan salah satu aktivitas yang cukup menantang dan mengasyikkan, kalian bisa belajar dan menambah pengalaman ketika melakoni kegiatan tersebut. Mulai dari merawat alam, bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan lainnya.

Namun, bagi sebagian orang, khususnya yang masih berstatus pelajar terkadang kesulitan untuk mendapatkan izin melakukan pendakian dari orang tua mereka. Pasalnya, aktivitas mendaki gunung merupakan kegiatan yang memiliki risiko yang cukup tinggi.

Nah, berikut ini beberapa tips untuk bisa mendapatkan izin orang tua jika ingin melakukan pendakian ke gunung, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Bicarakan mengenai rencana pendakian,

Sebelum meminta izin ke orang tua, sebaiknya ajak orang tua kalian untuk membicarakan mengenai tempat-tempat wisata menarik, khususnya gunung. Kemudian, kalian utarakan keinginan untuk melakukan pendakian ke gunung.

Berikan pula alasan yang membuat kalian ingin melakukan pendakian, karena pemahaman kalian soal gunung yang akan didaki nantinya akan menjadi nilai tambah untuk kepercayaan orang tua, karena kalian terlihat menguasai medan yang akan di tuju.

2. Ceritakan mengenai pengetahuan yang kalian ketahui tentang mendaki gunung,

Untuk meyakinkan, jelaskan kepada orang tua kalian bahwa kalian sudah mengerti tentang bahaya dan cara menanggulangi masalah ketika di gunung apabila suatu hal buruk terjadi.

3. Jangan pernah berbohong,

Jangan membohongi orang tua kalian hanya agar kalian mendapatkan izin. Jika memang tidak mendapat izin, maka ketahuilah bahwa keputusan itu adalah yang terbaik. Dan jadilah anak yang berbakti sama kedua orang tua.

Perlu kalian ketahui bahwa izin dari orangtua itu sangat penting, oleh karenanya jangan nekat pergi tanpa seizin mereka. Ingat, gunung tidak akan berpindah, jadi kalian masih bisa melakukan pendakian ketika kalian sudah mandiri.

4. Jangan meminta izin dadakan,

Sebaiknya kalian meminta izin terlebih dahulu baru mempersiapkan semua rencana pendakian, karena akan sia-sia apabila kalian tidak mendapatkan izin. Selain itu, meminta izin jauh-jauh hari lebih baik, pasalnya orang tua kalian juga melakukan pertimbangan atas apa yang kalian rencanakan mengenai pendakian.

5. Selalu laporan,

Jika sudah diberi izin untuk melakukan pendakian, jangan lupa untuk memberitahu posisi dan kondisi kalian ketika sedang mendaki, karena tentu orang tua kalian sedang khawatir dan menanti kabar dari kalian.

6. Berikan kontak teman ke orang tua,

Berilah kontak salah satu teman mendaki kalian kepada orang tua. Hal ini untuk berjaga-jaga apabila kalian sulit untuk dihubungi.

7. Informasikan jadwal pulang,

Sebelum berangkat mendaki gunung, informasikan mengenai kapan kalian akan mulai mendaki dan kapan kalian akan turun atau pulang kepada orang tua. Hal ini berguna untuk orang tua kalian melakukan pemantauan.

8. Minta doa,

Sebelum berangkat, pamitlah kepada orang tua dan minta didoakan agar selamat selama melakukan pendakian ke gunung. (MC/PC)

Foto: dok. Instagram/@julian.keliananta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.