0

Tips Memotret Pemandangan

 

(Mounture.com) — Bagi petualang, momen merupakan suatu hal yang penting terlebih ketika dalam bertualang. Kemajuan teknologi saat ini membuat kita dengan lebih mudah untuk mengabadikan momen dalam setiap langkah perjalanan.

Salah satu momen yang bisa ditangkap oleh lensa kamera adalah momen pemandangan di sekitar lokasi kita berpetualang. Memotret lansekap atau pemandangan tidak bisa sembarang untuk dijepret, ada beberapa tahap untuk bisa menghasilkan foto yang indah. Berikut ini tips untuk memotret pemandangan atau lansekap yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Pilih Waktu yang Tepat

Pemilihan waktu adalah salah satu yang harus diperhatikan dan cukup berpengaruh dalam menentukan hasil dari foto lansekap. Adapun waktu yang pas atau cocok untuk memotret lansekap adalah ketika pagi hari atau sore hari menjelang matahari terbenam.

2. Manfaatkan foreground dalam lansekap

Manfaatkanlah foreground dalam foto lansekap, foreground disini bisa berarti bebatuan, atau bunga atau apa saja, agar supaya foto lansekap tidak terlihat monoton.

3. Tentukan Point of Interest

Menentukan objek utama dalam lansekap fotografi juga cukup penting, karena dengan adanya point of interest atau bagian yang paling menarik perhatian, akan memberikan kesan berbeda kepada sebuah foto lansekap.

4. Pastikan garis horizon lurus

Hal pertama yang harus di perhatikan ketika memotret lansekap atau pemandangan, apalagi ketika memotret batas laut dan langit, di mana garis horizonnya terekspos jelas adalah pastikan garis horizon yang di potret itu lurus, tak peduli kita memotret dengan DSLR atau dengan kamera smartphone. (MC/DC)